Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pendidikan & Keguruan    Pendidikan

Perencanaan Pembelajaran di SD/MI: Dilengkapi Tutorial Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013

Berat 0.34
Tahun 2023
Halaman 280
ISBN 9786232185678
Penerbit Prenada Media Group
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp85.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Panduan Praktis Menulis Artikel
Syatrya Utama
Rp60.000
Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat
Cecep Kustandi
Rp90.000
Metode Karakterisasi Telaah Fiksi
Albertine Minderoup
Rp75.000
Kaidah-Kaidah Fikih: Kaidah-Kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah yang Praktis
H.A. Djazuli
Rp69.000
Lainnya+   

Sinopsis

Pembelajaran bertujuan agar terbangun jalinan interaksi akademik antara pendidik dan peserta didik sehingga dapat menguatkan sikap kepribadian yang baik, serta bertambahnya wawasan keilmuan dan kemampuan skill yang mumpuni dalam kehidupan bermasyarakat global. Tuntutan kemampuan pembelajaran abad ke-21 mengarah pada kemampuan berpikir kritis logis (critical thinking), kreatif (creative), kemampuan berkomunikasi (communication) dengan orang lain dan menunjukkan rasa empati-simpati terhadap orang lain, serta mampu melakukan kerja sama (collaboration) dengan orang lain sehingga menghasilkan satu tim/kelompok yang dapat bekerja sama dengan baik dan membangun kerja sama dengan orang lain.

Menghadirkan pembelajaran yang baik tentu saja menuntut perencanaan pembelajaran yang matang. Semakin baik perencanaan pembelajaran yang disiapkan guru, akan semakin memudahkan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dan untuk memudahkan kegiatan pembelajaran, semua bentuk kegiatan perencanaan pembelajaran harus ditulis dalam bentuk lesson plan atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang di dalamnya minimal memuat: (1) informasi tentang identitas institusi, mata pelajaran, kelas/semester, tema/subtema, materi, dan alokasi waktu; (2) tujuan pembelajaran yang diarahkan pada integrasi sikap, knowledge, dan skill; (3) kegiatan inti pembelajaran dengan mempertimbangkan interaksi pembelajaran yang lebih kreatif dan pengembangan potensi peserta didik; serta (4) bentuk penilaian yang mengarah pada kesesuaian dengan tujuan pembelajaran.

Buku Perencanaan Pembelajaran di SD/MI ini menyajikan berbagai hal menyangkut kesiapan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran efektif, meliputi pemahaman guru tentang kondisi peserta didik, bagaimana gaya belajar peserta didik, motivasi belajar peserta didik, pilihan model pembelajaran, kesiapan bahan ajar, media pembelajaran, dan bentuk penilaian pembelajaran yang digunakan. Melalui penyiapan perencanaan pembelajaran yang matang akan tumbuh kegiatan pembelajaran SD/MI yang lebih inovatif, kreatif, mengasyikkan, dan bermakna sejalan dengan tuntutan masyarakat global.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

Bab 1 Penda huluan 1
Bab 2 KONSEP PERENCANAAN PEMBELAJARAN 5
A. Capaian Pembelajaran.
B. Kemampuan Akhir yang Diharapkan..
C. Indikator.
D. Tujuan Pembelajaran.
E. Materi Pembelajaran
F. Rangkuman
G. Tugas

Bab 3 KOMPETENSI MURID SD/MI 15
A. Capaian Pembelajaran
B. Kemampuan Akhir yang Diharapkan.
C. Indikator
D. Tujuan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
F. Rangkuman
G. Tugas

(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)