Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pendidikan & Keguruan    Keguruan

Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat

Berat 0.30
Tahun 2020
Halaman 316
Penerbit Prenada Media Group
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp90.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Perkembangan media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi, berkembang cepat seiring kemajuan teknologi. Ragam dan jenis media dari yang dianggap konvensional, tradisional dan sederhana hingga media canggih, mutakhir dan kekinian, sewajarnya dapat dimanfaatkan sesuai dengan kondisi, waktu, keuangan, materi, maupun audiens secara tepat.
Media memiliki kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan edukasi, kehadiran media tidak hanya membantu pengajar dalam menyampaikan materi ajarnya, tapi memberi nilai tambah secara bermakna dalam kegiatan pembelajaran seperti materi terserap hingga pengetahuan dan keterampilan dapat dikuasai peserta didik secara tepat. Hal ini sejalan dengan pemenuhan SDM Indonesia yang dituntut memenuhi kebutuhan kecakapan abad ke-21 di era revolusi industri 4.0 seperti memiiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan berpikir kritis, kreatif, keterampilan berkomunikasi, dan kolaborasi.
Buku ini menguraikan secara ringkas dan memadai tentang pengertian, perkembangan, landasan teoretis, ciri-ciri, fungsi, peran, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran. kajian ragam, taksonomi dan hierarki, komponen, karakteristik dan model dalam media. Selanjutnya dikaji media pembelajaran yang tengah menjadi tren pada saat ini berupa media komik pembelajaran, modul, media audio pembelajaran, video pembelajaran, media pembelajaran berbasis komputer, multimedia dalam pembelajaran, model pembelajaran berbasis WEB (e-learning) dan WEBLOG.
Karakteristik dan kemampuan media yang terus berkembang ini perlu mendapatkan perhatian sehingga pembaca dapat memilih media yang sesuai dengan kondisi yang dihadapi, sehingga secara signifikan mendukung proses dan hasil pembelajaran. Kompetensi dan keterampilan dalam pengembangan media ini dapat mendukung budaya pembelajaran berpikir tingkat tinggi, kontekstual, holistik, sekaligus menunjang kecakapan hidup (hardskill dan softskill).
Buku Pengembangan Media Pembelajaran ini hadir untuk memenuhi referensi, dan bahan analisis yang akan menambah pemahaman konsep dan keterampilan bagaimana mengembangkan dan menggunakan media khususnya dalam pembelajaran formal maupun nonformal. Sehingga buku ini penting bagi para pendidik di sekolah maupun pendidik di masyarakat, seperti guru dari SD hingga SMA, tutor, instruktur, presenter, widyaiswara, penyuluh bahkan mahasiswa S-1 hingga S-3.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

BAB 1 PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN 1
A. Media Pembelajaran 3
B. Perkembangan Media 7
C. Landasan Teoretis Penggunaan Media 8
D. Ciri-ciri Media Pembelajaran 10
Latihan 12
Ringkasan 12
Tes Formatif 1 13

BAB 2 FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN 15
A. Fungsi Media Pembelajaran 16
B. Peran Media Pembelajaran 17
Latihan 21
Ringkasan
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)