Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Biografi & Memoar    Pemimpin & Tokoh

Musso: Si Merah di Simpang Republik

Oleh Tempo
Berat 0.25
Tahun 2015
ISBN 9789799109194
Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Sinopsis

Banyak orang mengenalnya sebagai tokoh Partai Komunis Indo­nesia (PKI) dalam pemberontakan 1926 dan 1948. Yang per­tama aksi PKI menentang pemerintah kolonial Belanda. Yang terakhir gerakan PKI di Madiun, Jawa Timur, melawan peme­rintah pusat.

Dialah Musso, anak Kediri yang ketika kecil dikenal rajin mengaji. Mendapat pendidikan politik ketika indekos di rumah H.O.S. Tjokroaminoto, sepak terjangnya di masa-masa awal ke­­­mer­dekaan tidak bisa diremehkan. Peran politik Musso bisa di­­se­ja­jarkan dengan peran Sukarno, Hatta, Sjahrir, dan Tan Malaka.

Ia bermimpi tentang negeri yang adil, setara, dan merdeka sera­tus persen. Namun, ia memilih jalan radikal—bersimpang jalan dengan kalangan non-komunis, bahkan juga kalangan kiri yang tak segaris—hingga akhirnya lumat dalam gerakan yang masih berupa benih.

Kisah tentang Musso adalah satu cerita tentang “orang kiri Indonesia” yang diangkat dari liputan khusus Majalah Berita Mingguan Tempo pada 2007-2010. Menyingkap yang belum ter­­ungkap, buku ini menge­tengahkan pemikiran, keta­kutan, keke­cewaan, pengkhianatan, juga kisah cinta dan perse­ling­kuhan sejumlah tokoh komunis Indonesia.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)