Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Sosial

Membangun Bangsa Cerdas: Kontribusi Pemikiran Ilmuwan AIPI

Berat 0.60
Tahun 2022
Halaman 657
ISBN 978-623-321-195-6
Penerbit Yayasan Obor Indonesia
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp270.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Frasa “mencerdaskan kehidupan bangsa” sudah tidak asing bagi bangsa Indonesia, karena merupakan bagian dari tujuan kemerdekaan, yang tertuang dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945. Sepenggal kalimat ini merupakan wujud kesadaran dan pesan penting para pendiri bangsa, bahwa membangun bangsa cerdas merupakan suatu keniscayaan untuk mewujudkan komitmen luhur kemerdekaan. Upaya membangun bangsa yang cerdas, berkaitan dengan pendidikan warga negara, dan oleh karena itu, seluruh komponen bangsa ikut berperan dan bertanggungjawab, terutama para pendidik, ilmuwan dan cendekiawan.


Prof. Emil Salim, ilmuwan dan cendekiawan senior Indonesia, anggota Kehormatan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), menggagas dan mengajak para anggota AIPI agar dapat menuliskan buah karya pemikirannya, berkontribusi dalam membangun bangsa yang cerdas. AIPI adalah wadah ilmuwan Indonesia terkemuka, didirikan dengan UU 8/1990 bertujuan untuk memberikankan pendapat, saran, pertimbangan mengenai penguasaan, pengembangan, dan pemanfaatan iptek untuk mencapai tujuan nasional.

Dengan mengusung budaya ilmiah unggul, berkomitmen terhadap nilai-nilai keilmuwanan yang menjadi kebajikan, dan sikap hidup asketisisme, para ilmuwan AIPI selanjutnya menuangkan pendapat, saran, dan pandangan solusi terhadap persoalan dan tantangan bangsa. Buah karya pemikiran yang berbasiskan penguasaan bidang keilmuan yang mendalam ini, diharapkan dapat dijadikan mata air jernih gagasan untuk membangun bangsa cerdas.


Buku Membangun Bangsa Cerdas: Kontribusi Pemikiran Ilmuwan AIPI merupakan bungai rampai serpihan mutiara pemikiran ilmuwan AIPI. Dihimpun berdasarkan bidang keilmuwan di AIPI yaitu: Ilmu Pengetahuan Dasar (9 judul), Ilmu Rekayasa (3 judul), Ilmu Kedokteran (5 judul), Ilmu Sosial (10 judul) dan Kebudayaan (10 judul).
Judul-judul tulisan itu mengambarkan kedalaman penguasaan keilmuan para penulisnya. Materi tulisan menyajikan wawasan dan gagasan baru, berupa terobosan dan strategi kebijakan yang menekankan pada solusi; dengan ragam tujuan sosial ekonomi (TSE) untuk pertumbuhan ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan, pertahanan, dan pemajuan ilmu pengetahuan. Buku ini dapat dibaca tidak secara berurutan per bab, tetapi dapat dibaca mulai dari bab yang lebih menarik terlebih dahulu.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)