Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Ilmu Hukum

Kumpulan Asas Hukum

Berat 0.35
Tahun 2022
Halaman 278
ISBN 978-623-384-233-4
Penerbit Prenada Media Group
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp88.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Argumentasi Hukum
Philipus M. Hadjon
Rp46.000
Contoh Akta Notaris dan Akta Di Bawah Tangan (Buku 4) (Bagian 2): Mengenai Contoh-Contoh Akta Notaris Untuk Perseroan Terbatas
Herlina Suyati Bachtiar
Rp71.000
Aspek Pertanggungjawaban Notaris dalam Pembuatan Akta
Sjaifurracman
Rp78.000
Teknik Pembuatan Akta: Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)
Salim HS
Rp130.000
Lainnya+   

Sinopsis

Penggunaan terminologi asas hukum di Indonesia diadaptasi dari bahasa Arab “assasun” yang berarti dasar, basis, dan fondasi. Secara umum asas sering juga didefinisikan sesuatu yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat. Singkatnya asas hukum dapat kemudian diartikan sebagai dasar atau petunjuk dalam membentuk, menginterpretasi, dan melaksanakan peraturan hukum.
Asas hukum merupakan tumpuan moral mengenai etis tidaknya suatu perbuatan atau kaidah perilaku berupa perintah, larangan, dispensasi, dan izin. Asas hukum memiliki karakteristik di antaranya bersifat umum, abstrak, dan daya kerja langsung yang memainkan perannya secara objektif, juga secara subjektif. Asas hukum secara objektif tertuju pada objek kajiannya yang melingkupi semua pembidangan ilmu hukum. Adapun asas hukum secara subjektif menyangkut pihak yang menggunakan asas hukum dalam menjalankan perannya masing-masing, baik sebagai pengemban hukum praktis maupun sebagai pengemban hukum teoretis.
Buku ini dirangkum menjadi 18 bagian yang dilengkapi dengan materi pendahuluan. Dominan dari tiap bagiannya merupakan hasil inventarisasi asas-asas: hukum umum, hukum pidana, hukum acara pidana, hukum perdata, hukum perdata Eropa tentang orang, hukum perkawinan, hukum benda, hukum kontrak, hukum acara perdata, hukum agraria, hak tanggungan, hukum tata negara, hukum pemilu, hukum administrasi negara, hukum pajak, hukum internasional, hukum Islam. Tambahan pada bab terakhir juga diinvetarisasi adagium dan pameo hukum.
Selain buku ini diperuntukan untuk mahasiswa pemula di fakultas hukum, juga relevan untuk menjadi pegangan bagi mahasiswa program magister, doktor, dan para pengajar yang berkecimpung dalam dunia hukum teoretis. Para penegak hukum seperti advokat, polisi, jaksa, hakim, dan notaris tentu buku ini layak pula menjadi pegangan dalam menjalankan tugas dan profesinya masing-masing.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

PENDAHULUAN 1
Asas (Hukum) dalam Berbagai Istilah 2
Pengertian Asas Hukum dari Berbagai Ahli 8
Perbedaan Asas Hukum dengan Aturan Hukum 14
Jenis-jenis Asas Hukum 18
Fungsi Asas Hukum 23
Pancasila sebagai Asas Hukum Universal 27
ASAS-ASAS HUKUM
Bagian I ASAS-ASAS HUKUM UMUM 37
Bagian II ASAS-ASAS HUKUM PIDANA 59
Bagian III ASAS-ASAS HUKUM ACARA PIDANA 79
Bagian IV ASAS-ASAS HUKUM PERDATA
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)