Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Media & Komunikasi

Jurnalisme dan Politik di Indonesia: Biografi Kritis Mochtar Lubis (1992-2004) sebagai Pemimpin Redaksi dan Pengarang

Berat 0.40
Tahun 2011
Halaman 362
ISBN 9789794617885
Penerbit Yayasan Obor Indonesia
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp75.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Negara dan Korupsi: Pemikiran Mochtar Lubis Atas Negara, Manusia Indonesia, Dan Perilaku Politik
Mansyur Semma
Rp85.000
Catatan Perang Korea
Mochtar Lubis
Rp60.000
Senja di Jakarta
Mochtar Lubis
Rp80.000

Sinopsis

Mochtar Lubis adalah seorang pemimpin redaksi, pengarang, dan tokoh budaya Indonesia yang paling dikenal, baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional, yang ia pertahankan dari awal tahun 1950-an hingga wafatnya tahun 2004. Buku ini menelusuri peristiwa-peristiwa besar dalam jagad kehidupan Mochtar Lubis: seorang tokoh yang memberikan makna pada penafsiran sejarah pascaproklamasi kemerdekaan Indonesia.

Selain menggambarkan ketokohan Mochtar Lubis secara pribadi, buku Jurnalisme dan Politik di Indonesia: Biografi kritis Mochtar Lubis (1922—2004) sebagai pemimpin redaksi dan pengarang, juga merupakan cerita tentang Indonesia pada paruh kedua abad ke-20, saat Indonesia menjadi bangsa merdeka dan ketika media cetak serta orang-orang berpengaruh menguasai dan menerbitkan surat kabar, memainkan peran yang menentukan dalam kehidupan politik, pendidikan, dan budaya nasional, serta merumuskan arti Indonesia. Pada masa ini, para pemimpin redaksi yang berkepribadian kuat menguasai industri pers dan bersilat lidah dengan pemimpin bangsa. Mochtar Lubis adalah seorang pengkritik lantang terhadap penyalahgunaan kekuasaan dan merupakan ”duri” bagi dua mantan presiden Indonesia. Pada masa Sukarno dan Suharto, korannya dibreidel dan ia masuk penjara. Nama Mochtar Lubis pun identik dengan jurnalisme jihad.

Sebagai satu-satunya biografi yang komprehensif tentang tokoh besar Mochtar Lubis, buku ini menyajikan pembahasan yang mendalam tentang sejarah dan perkembangan media, sastra, dan sistem politik di Indonesia.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)