Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Ilmu Hukum

Aspek-aspek Penelitian Hukum: Hukum Islam - Hukum Barat

Berat 0.20
Tahun 2010
ISBN 9786028479974
Penerbit Pustaka Pelajar
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp35.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Tidak seperti ilmu-ilmu empiris lainnya, ilmu hukum yang mengkaji norma-norma dan keharusa dalam hidup tidak bisa dibuktikan kebenaran temu-temuannya sebagaimana yang diinginkan oleh sarjana-sarjana dalam bidang ilmu pengetahuan positif empiris. Sebagai ilmu normatif, ilmu hukum memiliki cara kerja dan pengujian yang khas. Kebenarannya hanya dapat dipastikan dalam kesadaran masing-masing orang yang menghadapinya sebagai gejala yang tidak dapat dielakkan. Namun begitu, tidak dapat disangkal bahwa ilmu hukum memberikan bantuan penting dalam memecahkan persoalan-persoalan dalam kehidupan sosial.

Buku ini dengan cermat menyoroti berbagai aspek dan permasalahan mendasar dalam penelitian hukum seperti tersebut diatas, baik hukum barat maupun hukum Islam. Pokok-pokok masalah tsb antara lain ialah karakteristik penelitian hukum, cara menguji pendekatan dan kebenaran hukum, hukum dalam perspektif fislafat ilmu, dan kontradiksi hukum dan pemecahannya.

Apa yang tersaji dalam buku ini kiranya tidak boleh dilewatkan oleh para mahasiswa, dosen, peneliti, dan praktisi hukum. Selain itu, dala kecenderungan semakin pelik dan carut-marutnya permasalahan hukum dewasa ini, masyarakat awam pun dapat memperoleh perspektif hukum yang mencerahkan dari buku ini.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)