Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Ekonomi

Kaidah Fikih Ekonomi dan Keuangan Kontemporer: Pendekatan Tematis dan Praktis (Edisi 2)

Berat 0.30
Tahun 2022
Halaman 218
ISBN 9786232182530
Penerbit Prenada Media Group
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp74.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Kaidah fikih adalah matakuliah yang sangat urgen diajarkan di Fakultas Syariah dan Ekonomi Bisnis. Karena kaidah fikih memiliki peran penting dalam pengembangan hukum Islam, khususnya pengembangan akad-akad inovatif yang digagas oleh fatwa DSN-MUI. Oleh sebab itu, literatur yang secara spesifik membahas tentang kaidah fikih yang dikaitkan secara apli­­katif pada akad-akad ekonomi dan keuangan kontemporer mutlak dibutuhkan. Kehadiran buku ini, dalam rangka memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk memahami substansi kaidah fikih sebagai basis pengembangan teoretis dan praktis terhadap produk akad-akad ekonomi dan keuangan kontemporer.

Buku ini terdiri atas 11 bab. Pada Bab I, menjelaskan tentang urgensi kaidah-kaidah fikih ekonomi dan keuangan syariah. Bab II menguraikan klasifikasi dan sumber kaidah fikih dan keuangan syariah. Bab III membahas kaidah kubra al-umuru bi maqasidiha dari aspek teoretis dan praktisnya dalam akad ekonomi syariah. Bab IV membahas kaidah kubro al-yakin la yuzalu bi al-syakk secara teoretis dan praktisnya dalam ekonomi syariah. Bab V membahas kaidah kubro al-masyaqqah tajlibu al-taisir secara teoretis dan praktisnya dalam ekonomi syariah. Bab VI membahas kaidah kubra al-dhararu yuzal secara teoretis dan praktisnya dalam ekonomi syariah. Bab VII membahas kaidah kubro al-adah muhakkamah secara teoretis dan praktisnya dalam ekonomi syariah. Bab VIII membahas kaidah tematis tentang akad jual beli dalam praktiknya dalam ekonomi syariah kontemporer. Bab IX membahas kaidah tematis tentang akad investasi dan kemitraan bisnis dalam ekonomi syariah. Bab X membahas kaidah tematis tentang riba dan gharar dalam ekonomi syariah. Bab XI membahas kaidah tematis tentang uang, ekonomi mikro dan makro dalam praktik keuangan kontemporer.

Buku ini dapat digunakan sebagai tambahan referensi (bahan ajar) untuk matakuliah Qawaid Fiqhiyah Maliyah atau kaidah fikih ekonomi dan keuangan syariah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), STAIN, IAIN, dan UIN serta perguruan tinggi swasta lainnya yang mengajarkan matakuliah yang sama. Semoga hadirnya buku ini dapat membantu mahasiswa memahami urgensi kaidah fikih dan aplikasinya dalam pengembangan akad-akad muamalah kontemporer.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

BAB 1 URGENSI KAIDAH-KAIDAH FIKIH DALAM EKONOMI DAN KEUANGAN SYARIAH 1
A. Definisi Kaidah Fikih Ekonomi Syariah 1
B. Antara Qawaid, Dhawabith, dan Nazhariyah Fiqhiyah 3
C. Perbedaan Kaidah Fikih dan Kaidah Ushul Fikih 4
D. Sejarah Kaidah Fikih Ekonomi dan Keuangan 6
E. Literatur Kaidah Fikih: Klasik-Kontemporer 10
F. Otoritas Kaidah Fikih dalam Inovasi Produk Akad 13<
(Kembali Ke Atas)

Buku Sejenis

Peran Strategis Indonesia dalam Pembentukan ASEAN & Dinamikanya
Zainuddin Djafar, Moon Young Ju, Anissa Farha Mariana
Transformasi Perekonomian Indonesia
Maddaremeng A. Penannungi
Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan (Edisi 5)
Adiwarman Azwar Karim
Sistem Ekonomi Islam: Prinsip Dasar
Muhammad Sharif Chaudhry
Misbehaving: Terbentuknya Ekonomi Perilaku
Richard H. Thaler
(Kembali Ke Atas)