Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Pidana & Perdata

Hukum Pidana Progresif: Konsep dan Penerapan dalam Perkara Pidana

Berat 0.22
Tahun 2021
Halaman 144
ISBN 978-623-372-2
Penerbit Rajawali Pers
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp86.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Hukum progresif merupakan cara pandang berhukum yang melihat hukum sebagai sarana untuk melayani manusia. Hukum ada untuk manusia, bukan sebaliknya. “Ketika terjadi persoalan di dalam hukum, maka hukumlah yang harus ditinjau dan diperbaiki, bukan manusia yang dipaksa-paksa untuk masuk ke skema hukum,” demikian tutur Satjipto Rahardjo, penggagas hukum progresif. Dengan kata lain, menempatkan manusia sebagai titik sentral dalam berhukum, inilah agenda utama hukum progresif. Agar hukum dapat mengabdi untuk manusia, maka terobosan atau pembaharuan lewat pemikiran yang kreatif, kritis, dan inovatif di bidang hukum sangat didorong oleh hukum progresif. Hal ini agar hukum adaptif dan responsif terhadap tantangan dan kebutuhan zaman sehingga keadilan dan kebermanfaatan hukum dapat dirasakan masyarakat.

Buku ini bertujuan memperkenalkan hukum progresif kepada pembaca. Namun, berbeda dengan kebanyakan buku yang sudah beredar, buku ini mengambil ruang lingkup hukum progresif sehubungan dengan hukum pidana. Pembaca dapat menikmati sajian mengenai konsep dasar hukum progresif di buku ini, kemudian dilanjutkan dengan hidangan materi tentang hukum pidana progresif di bab terpisah. Di bab-bab berikutnya, disuguhkan beberapa studi kasus yang ditelaah melalui perspektif hukum pidana progresif. Dengan menampilkan studi kasus tersebut, pembaca mendapatkan manfaat, yaitu merasakan dari dekat bagaimana hukum progresif diterapkan sebagai kerangka berpikir untuk mengupas permasalahan hukum pidana seperti seputar pemidanaan, pertanggungjawaban pidana, hingga penyelesaian perkara. Sebagai sajian penutup buku ini, dituangkan hubungan hukum pidana progresif dan Polri Presisi.

Buku ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai kalangan perguruan tinggi seperti dosen dan mahasiswa, para penegak hukum seperti polisi, jaksa, hakim, pengacara, hingga mereka yang tertarik memperluas cakrawala pengetahuan di bidang ilmu hukum.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)