Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Hukum Bisnis

Hukum Administrasi Perpajakan

Berat 0.40
Tahun 2016
Halaman 310
ISBN 9789790765931
Penerbit Pustaka Setia
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp65.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Filsafat Administrasi (Edisi Revisi)
Sondang P. Siagian
Rp62.000
Hukum Pajak Di Indonesia: Suatu Pengantar Ilmu Hukum Terapan Di Bidang Perpajakan
M. Farouq S.
Rp120.000
Reformasi Administrasi: Konsep, Dimensi, dan Strategi
Soesilo Zauhar
Rp38.000
Pendidikan Agama Islam
Zainuddin Ali
Rp55.000
Lainnya+   

Sinopsis

Hukum administrasi perpajakan merupakan bagian dari tata tertib hukum yang mengatur hubungan antara penguasa dan masyarakat yang memuat cara mengatur pembayaran pajak yang ditetapkan oleh pemerintahan. Selain itu, juga merupakan bagian dari hukum administratif yang dipergunakan sebagai alat untuk menentukan politik perekonomian dengan landasan normatif tersendiri. Dengan kata lain, hukum administrasi perpajakan adalah peraturan yang menentukan pengelolaan pajak menurut ketentuan yang berlaku sesuai dengan fungsi dan tujuan yuridis perpajakan, yang dimulai dari pemungutan hingga penggunaannya untuk kepentingan negara.
Efektivitas administrasi perpajakan dapat diketahui dari tinggi rendahnya tingkat penyelundupan pajak di suatu negara. Semakin tinggi tingkat penyelendupan pajak, semakin berkurang efektivitas administrasi perpajakan dan selanjutnya semakin berkurang tingkat kesadaran membayar pajaknya. Apabila tingkat penyelundupan pajak menjadi lebih rendah, hal ini menunjukkan semakin efektifnya administrasi perpajakan atau semakin meningkatnya tingkat kesadaran membayar pajak. Jadi, administrasi perpajakan berada di antara dua tindakan, yaitu penyelundupan pajak dan kesadaran membayar pajak.
Administrasi perpajakan yang mampu dan efektif hendaknya berada dalam kedudukan yang netral. Administrasi perpajakan adalah instrumen yang efektif untuk merealisasikan keputusan pemerintah. Administrasi perpajakan bertanggung jawab untuk mengelola dan melaksanakan undang-undang perpajakan.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)