Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Sosial

Hak Warga Negara di Wilayah Perbatasan: Perlindungan Hukum Hak Atas Pendidikan dan Kesehatan

Berat 0.35
Tahun 2016
ISBN 9789794993460
Penerbit Liberty
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp52.500
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Pengetahuan tentang pendidikan dan kesehatan sebagai hak asasi manusia (HAM) merupakan sebuah persyaratan awal yang mutlak yang harus dimiliki oleh setiap orang apabila kita ingin memahami pendidikan dan kesehatan merupakan bagian dari hak asasi manusia, sehingga hal ini akan melahirkan pemahaman untuk menuntut pemenuhan atas hak tersebut. Pendidikan dan kesehatan merupakan hak yang hakiki dari setiap manusia dan negara bertanggung jawab atas pemenuhan hak pendidikan dan kesehatan bagi semua warga negara. Dasar pendidikan Indonesia adalah Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, Pancasila merupakan ideologi atau pandangan hidup (way of life) dan filsafat dasar (filosofische groundslag) bangsa Indonesia, hal itu merupakan karakteristik yang membentuk jati diri bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa-bangsa lain dalam pergaulan internasional.

Pemenuhan hak atas pendidikan dan kesehatan serta deseminasi informasi tentang hak atas pendidikan dan kesehatan khususnya terkait dengan masyarakat di wilayah perbatasan merupakan hal yang sangat penting dalam rangka melakukan remedi yang efektif serta prosedur pemantauan yang optimal diterapkan ketika terjadi pelanggaran hak atas pendidikan dan kesehatan khususnya terhadap warga negara yang ada di wilayah perbatasan negara. Pendidikan dan kesehatan sebagai hak asasi manusia dalam undang-undang no. 39 tahun 1999 tentang HAM merupakan salah satu insturmen hukum nasional yang dijadikan dasar jaminan terhadap pendidikan dan kesehatan sebagai HAM yang merupakan hak dasar yang secara kodrati melekat pada diri manusia yang bersifat universal dan harus dilindungi, dihormati, dipertahankan, yang tidak boleh diabaikan, dikurangi, atau dirampas oleh siapapun.

 

"Menyadari akan karya sdr Dr. Yahya Ahmad Zein yang masih relatif langka tersebut, secara pribadi disampaikan selamat, penghargaan dan apresiasi ats terbitnya buku ini. Karya ini merupakan beberapa bagian dari disertasi yang merupakan karya akademik tertinggi dalam bidang ilmu hukum dan wilayah perbatasan dengan dua pendekatan sekaligus, yaitu penelitian normatif dan sekaligus penelitian lapangan atau studi empirik. Dengan terbitnya buku ini, Hak Warga Negara di wilayah Perbatasan ini: Hak atas Pendidikan & Kesehatan, merupakan karya menarik untuk dikembangkan, baik terkati isu penting Indonesia sebagai Negara Hukum, maupun Indonesia sebagai negara pelaksana nilai-nilai demokrasi terbesar di dunia."

Jawahir Thontowi
Profesor Ilmu Hukum, dan Direktur Centre for Local Laws Development Studies, Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)