Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Teori Hadis: Sebuah Pergeseran Pemikiran

Berat 0.30
Tahun 2015
Halaman 188
ISBN 9789796926350
Penerbit Rosda
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Sinopsis

Persoalan penelitian hadis akhir-akhir ini makin banyak dibicarakan para ulama. Di antara mereka, ada ulama yang mengikuti sistematika yang digunakan ulama pada abad sebelumnya, ada pula ulama yang melakukan kritik terhadap hadis-hadis yang dihimpun ulama sebelumnya, baik kritik matan maupun sanad.

Dalam kondisi demikian, umat Islam sekarang ini tidak hanya didorong untuk lebih arif dalam menanggapi pendapat orang lain, tetapi juga harus senantiasa berupaya menumbuhkan ukhuwah Islamiyah di kalangan umat, dan fleksibel dalam menyampaikan pendapatnya. Perbedaan pendapat dalam menentukan status hadis tidak seharusnya membuat ukhuwah Islamiyah menjadi retak, karena penentuan status tersebut merupakan “persoalan ijtihad” belaka, di mana persoalan ini akan tetap ada di kalangan ulama selama daya nalarnya tetap dikembangkan.

Dengan pembahasan yang komprehensif dan ilmiah, penulis mengajak pembacanya untuk “ikut mengkaji” kriteria yang ditetapkan al-Hakim—seorang ulama ahli hadis yang cukup masyhur—dalam menentukan status hadis. Meskipun karya-karya al-Hakim berserakan, dalam buku ini, penulis lebih memfokuskan kajiannya terhadap kitab al-Madkhal, al-Ma’rifah, dan al-Mustadrak. Hal ini dengan pertimbangan bahwa dalam kitab-kitab tersebut—jika diteliti—memuat prinsip, kaidah-kaidah, syarat, dan klasifikasi yang digunakan al-Hakim dalam menentukan status hadis.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)

Riwayat Penelusuran Anda (5 Produk Terakhir yang Baru Anda Lihat)

Bersihkan Riwayat
Kind Looking Eyes (Versi Bahasa Inggris)
Whisper No Lies: Tanpa Tipu Daya
Inilah Jenderal-Jenderal Pelindung Hitler
Bin dan Tim Musikalnya (Bin & Her Crews)
Konsep dan Penerapan Matematika SMA/MA Kelas XI (Kurikulum 2013) (Wajib)
Jangan Tampilkan Lagi