Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Reformulasi Ajaran Islam: Jihad, Khilafah, dan Terorisme

Berat 0.65
Tahun 2017
Halaman 664
Penerbit Mizan
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp105.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Kekeliruan memahami doktrin-doktrin kunci dalam Islam telah menjerumuskan sebagian kelompok dari umat ini melakukan aksi-aksi kekerasan dan teror dengan mengatasnamakan ajaran Islam. Konsep jihad yang selalu dimaknai secara sempit sebagai perang suci melawan kaum kafir, menjadi salah satu ajaran Islam yang paling sering disalahpahami sekaligus disalahgunakan dalam praktiknya. Padahal, Islam jauh dari mengajarkan berbagai aksi kekerasan dan teror tersebut.

Buku ini menghadirkan interpretasi baru terhadap berbagai doktrin kunci yang sering kali disalahpahami tersebut. Ditulis oleh para ulama dan cendekiawan Muslim Indonesia, terutama yang lahir dari rahim ormas Islam moderat Muhammadiyah. Buku ini berupaya menjawab persoalan ekstremisme-terorisme baik dalam konteks global maupun dalam konteks nasional-keindonesiaan. Dengan menggunakan model pendekatan kontekstual yang lebih menekankan pada dinamika sejarah, konteks sosial-budaya secara cermat-keilmuan (qirâ‘ah târîikhiyyah-‘ilmiyyah), buku ini diharapkan dapat menghadirkan pembacaan yang lebih segar dan kritis atas berbagai konsep ajaran Islam yang selama ini sering kali disalahpahami dan disalahgunakan untuk tujuan yang tidak sesuai dengan semangat Islam sebagai agama kemanusiaan, dan Islam sebagai ajaran kasih sayang bagi semesta.

Buku ini membahas tema-tema sebagai berikut:
-    Jihad dalam Islam.
-    Benarkah jihad identik dengan peperangan (qitâl) dan terorisme (irhabiyyah)?
-    Sejarah terorisme di Barat dan Islam.
-    Konsep Khilafah dan bai‘at dalam konteks kehidupan negara-bangsa dewasa ini.
-    Qishâsh dan bughâh dalam diskursus isu terorisme.
-    Al-wallâ’ wa al-barra’ sebagai doktrin kunci bagi tumbuhnya fanatisme sektarian dalam tubuh umat Islam.

Endorsement
“… buku ini mengembalikan pengertian generik fikih sebagai pintu masuk dan ijtihad untuk menggali pesan dasar Al-Quran dan Hadis agar kita bisa menjalankan syariah Islam lebih holistik. Salah satunya adalah bagaimana menjaga kehormatan agama, kemanusiaan, dan nalar sehat.”
—Prof. Komaruddin Hidayat, Rektor UIN Syarif Hidayatullah, periode 2006-2015

“Memang diperlukan fikih baru. Tidak lagi cukup bicara mana yang mahdhah dan ghair mahdhah. Yang abu-abu seperti terorisme dan radikalisme, jauh lebih rumit. Tidak cukup hanya fikih wanita, fikih lingkungan, dan lain-lain, tetapi juga tentang fikih radikalisme dan terorisme.”
—Prof. M. Amin Abdullah, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Periode 2001-2010
“… buku ini bisa menjadi panduan lengkap untuk memahami sekaligus menangani terorisme. Buku ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi komunitas akademik, tetapi juga bagi aparat pemerintah, praktisi perdamaian, dan khalayak umum agar Indonesia dan dunia ini bisa bebas dari ‘kanker ganas’ terorisme.”
—Sumanto Al Qurtuby, Ph.D., Dosen Antropologi Budaya di King Fahd University of Petroleum and Minerals, Arab Saudi, dan Senior Scholar di National University of Singapore

“Buku ini memberi sumbangan penting bagi upaya kontra-narasi ekstremisme-terorisme di tanah air. Perlu dibaca para dai, mahasiswa, peneliti, kepolisian, dan instansi pemerintah yang berkepentingan dengan pemberantasan terorisme.”
—Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D., Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia 2016-sekarang
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)

Riwayat Penelusuran Anda (1 Produk Terakhir yang Baru Anda Lihat)

Bersihkan Riwayat
Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi
Jangan Tampilkan Lagi