Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Ragam Fawatih As-Suwar: Keindahan, Kesan, dan Pesannya

Berat 0.44
Tahun 2022
Halaman 304
ISBN 978-602-446-619-0
Penerbit Rosda
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp110.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Keindahan, urgensi, dan gaya pengungkapan fawātiḥ as-suwar serupa dengan intro pada feature, sehingga ia bisa disebut sebagai intro surah. Variasinya terdiri dari 12 (dua belas) macam, yaitu: (1) Intro Unik/Nyentrik atau Intro Gabungan antara Intro Unik dengan Intro Lainnya, (2) Intro Bersumpah, (3) Intro Panggilan, (4) Intro Pertanyaan, (5) Intro Menunding Langsung, (6) Intro Koersi, (7) Intro Doa, (8) Intro Bersyarat, (9) Intro Kausalitas, (10) Intro Menjerit, (11) Intro Narasi/Bercerita, dan (12) Intro Deskriptif.
Pesan, kesan dan keindahannya bisa digali dari pola dan model yang dapat dikontruksi pada dua unsur komunikasi, yaitu: (1) unsur komunikator dan (2) unsur pesan. Pada unsur komunikator, model pembukaan komunikasi efektif terletak pada strategi yang digunakan oleh komunikator untuk membangun persepsi positif tentang dirinya pada diri khalayak (para pembaca). Konkritnya, Allah sebagai komunikator Alquran membuka komunikasi-Nya pada awal-awal surah dengan menegaskan dan meyakinkan khalayak pembaca bahwa diri-Nya adalah komunikator yang penuh daya tarik, credibel (terpercaya), dan Maha Kuasa. Sedangkan pada unsur pesan, strategi yang digunakan adalah pemanfaatan secara maksimal kekuatan struktur pesan, gaya pesan, appeals pesan.


Gambaran modelnya meliputi 9 (sembilan) kreteria, yaitu (1) menggunakan kalimat yang efektif dan bervariasi, (2) memuat pesan yang penting dan menarik, (3) menggunakan intro yang menarik dan bervariasi, (4) menggunakan diksi secara cermat, (5) berkomunikasi secara santun, (6) memanfaatkan teknik komunikasi secara tepat, (7) memenuhi kreteria barāʻatul istihlāl/Ḥusn al-ibtidā’āt, (8) menggunakan gaya bahasa yang tepat dan indah, dan (9) mengemas komunikasi dengan tataan yang indah.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

Bab I PENDAHULUAN
A. Ragam Fawātiḥ As-Suwar
B. Ragam Fawātiḥ As-Suwar dalam Perspektif Komunikasi Massa

Bab II INTRO UNIK
A. Penggunaan Ḥurūf At-Tahajjī Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Unik


Bab III INTRO BERSUMPAH
A. Penggunaan Kalimat Sumpah Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Bersumpah

Bab IV INTRO PANGGILAN
A. Penggunaan
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)