belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 Troli
Buku    Pendidikan & Keguruan    Pendidikan

Pendidikan Multikultural: Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.45 kg
Tahun 2015
Halaman 370
ISBN 9789790765030
Penerbit Pustaka Setia
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp54.000
Harga Normal:Rp60.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Pendidikan multikultural adalah pendidikan yang memerhatikan keterampilan dan pengetahuan dasar bagi warga dunia, penting bagi siswa, menembus seluruh aspek sistem pendidikan, mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang memungkinkan siswa bekerja bagi keadilan sosial. Proses ketika pengajar dan siswa bersama-sama mempelajari pentingnya variabel budaya bagi keberhasilan akademis serta menerapkan ilmu pendidikan yang kritis memberikan perhatian pada pengetahuan sosial dan membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan. Pendidikan multikultural sangat penting untuk meminimalisasi dan mencegah terjadinya konflik di beberapa daerah. Melalui pendidikan berbasis multikultural, sikap dan mindset (pemikiran) siswa akan lebih terbuka untuk memahami dan menghargai keberagaman. Selain itu, pendidikan multikultural juga bermanfaat untuk membangun keragaman etnik, ras, agama, dan budaya.
Dalam pendidikan, guru tidak hanya dituntut untuk menguasai dan mampu secara profesional mengajarkan materi yang diajarkan, tetapi juga mampu menanamkan nilai-nilai inti dari pendidikan multikultural, seperti demokrasi, humanisme, dan pluralisme atau menanamkan nilai-nilai keberagamaan yang inklusif kepada siswa. Output yang dihasilkan dari sekolah tidak hanya cakap sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuninya, tetapi juga mampu menerapkan nilai keberagamaan dalam memahami dan menghargai keberadaan para pemeluk agama dan kepercayaan lain.
Aspek yang menjadi kunci dalam melaksanakan pendidikan multikultural di sekolah adalah tidak adanya kebijakan yang menghambat toleransi, termasuk tidak ada penghinaan terhadap ras, etnis, dan jenis kelamin; menumbuhkan kepekaan terhadap perbedaan budaya, di antaranya mencakup pakaian, musik, dan makanan kesukaan; memberikan kebebasan kepada siswa dalam merayakan hari besar umat beragama serta memperkuat sikap siswa agar merasa perlu terlibat dalam pengambilan keputusan secara demokratis.
Dalam konteks itulah buku Pendidikan Multikultural ini hadir membantu mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya untuk memahami konsep pendidikan multikutural dalam rangka membangun mutu sekolah/madrasah yang dapat menghasilkan lulusan berkualitas sesuai dengan tuntutan pembangunan dan perkembangan zaman.
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Pendidikan Multikultural
Choirul Mahfud
Rp54.000 Rp60.000
Komunikasi Multikultural
Andrik Purwasito
Rp85.500 Rp95.000
Multikulturalisme: Cerdas Membangun Hidup Bersama yang Stabil dan Dinamis
Benyamin Molan
Rp49.500 Rp55.000
Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D
Sugiyono
Rp64.800 Rp72.000
Gender dan Pendidikan Multikultural
Siti Fatimah
Rp50.400 Rp56.000
(Kembali Ke Atas)