Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Psikologi & Pengembangan Diri    Pengembangan Diri

Metaphorming: Beberapa Strategi Berpikir Kreatif

Berat 0.30
Tahun 2013
Halaman 162
ISBN 9790624646
Penerbit Indeks
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif
Momon Sudarma
Rp79.000
Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Edisi 4)
H. Punaji Sutyosari
Rp93.000
Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3)
Suharsimi Arikunto
Rp143.000
Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi
Burhan Bungin
Rp86.000
Lainnya+   

Sinopsis

 Momentum yang tepat dan strategis ketika buku ini diterbitkan secara nasional karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang memperkenalkan kurikulum baru yang dikenal dengan Kurikulum 2013. Yang menarik adalah fokus buku Metaphorming ini mengajak guru-guru untuk melakukan perubahan pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif, menyenangkan, dan bermakna dengan mengubah mindset yang biasa-biasa saja, menjadi cara berpikir orang-orang jenius. Kehadirannya menjadi begitu tepat, karena dalam Kurikulum 2013 juga menekankan pada perubahan proses pembelajaran, sehingga siswa mampu menemukan sendiri pengetahuan dan makna yang terkandung di dalamnya, sehingga mereka diharapkan dapat menjadi pribadi-pribadi yang bertakwa, berkarakter, dan berpengetahuan.
—Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd., Pakar Pendidikan

Bermetaforma dengan cara menerapkan Creative Operating System (COS) dapat menjadi cara revolusioner yang mendorong kemajuan bangsa. Bermetaforma akan mendorong banyak temuan baru; menyederhanakan hal yang rumit, sehingga mudah dipahami. Apabila para guru di sekolah menerapkan metaforma dalam pembelajaran, para siswa terbiasa bermetaforma, dan para orang tua melakukan hal yang serupa, maka bukanlah hal yang mustahil bangsa Indonesia pada satu atau dua dekade mendatang akan menjadi bangsa yang besar yang mampu menyusul kemajuan bangsa-bangsa lain yang saat ini berada di depan kita.
—Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd., Rektor Universitas Negeri Jakarta

Seperti dikemukakan William Stern beberapa dekade yang lalu, manusia dilahirkan dengan lebih dari satu potensi, dan berbagai potensi itu merupakan suatu keutuhan yang holistik (multiplex) yang memperlihatkan arah atau kecenderungan tertentu. Potensi yang dibawa lahir, yang kini banyak disebut “bakat”, dalam perkembangannya mencapai aktualisasi, yaitu perubahan yang konkret menjadi kemampuan tertentu (ability), sifat, dan sikap tertentu. Proses itu yang banyak didorong oleh berbagai pelatihan berpikir dan membentuk struktur berpikir mencapai optimalisasi pemekaran akibat latihan-latihan tersebut di sekolah, apabila pendidikan formal benar mencakup pembelajaran yang disebut belajar berpikir (learning how to think). Metaphorming adalah suatu cara untuk mengembangkan suatu sistem berpikir kreatif. Creative Open System (COS) adalah cara berpikir relatif baru yang telah dikaji secara ilmiah. Orang-orang berbakat (gifted people) sangat “gandrung” untuk mampu berpikir seperti itu.
—Prof. Dr. Conny R. Semiawan, Pakar Pendidikan

Metaphorming adalah suatu cara untuk mengembangkan suatu sistem berpikir kreatif (Creative Open System, COS), sebuah cara berpikir orang-orang jenius yang sangat mungkin ditularkan kepada setiap siswa. Langkah ini dianggap terobosan strategis, karena membekali siswa dengan how to learn, hal yang lebih penting dibandingkan dengan hanya membekali mereka dengan mata pelajaran yang tertera di sekolah. Melatih siswa untuk berpikir kreatif—yang menjadi bagian dari pendekatan metaphorming—merupakan landasan dalam melakukan inovasi dan kreasi. Sebagai ilustrasi misalnya, tantangan perkembangan teknologi mutakhir seperti teknologi nano (nanotechnology), akan bisa diantisipasi apabila anak sudah terbiasa dan terlatih mengembangkan berpikir kreatif.
—Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Ilmuwan
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)

Riwayat Penelusuran Anda (4 Produk Terakhir yang Baru Anda Lihat)

Bersihkan Riwayat
Etika Keperawatan dengan Pendekatan Praktis
Desain Rumah Mungil Bergaya & Fungsional
Mewarnai Hewan Laut (untuk Usia 4+)
Hukum Asuransi Syariah
Jangan Tampilkan Lagi