Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Manajemen Ihya Al-Sunnah

Berat 0.34
Tahun 2023
Halaman 190
ISBN 978-623-08-0029-0
Penerbit Rajawali Pers
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Akan Terbit
Apakah anda ingin diberitahu pada saat buku ini sudah tersedia?
Rencana Terbit: Belum diketahui kapan buku ini akan terbit

Sinopsis

Ajaran universal Nabi Muhammad Saw. yang membawa misi penyebaran kasih sayang yang bersifat universal (rahmatan lil ‘ālamīn) sejatinya merupakan target dari setiap upaya interpretasi hadis Nabi. Namun fenomena pemahaman dan pengamalan hadis tidak jarang justru kontraproduktif dengan misi kerasulan Muhammad Saw. tersebut. Metode pemahaman hadis dalam konteks ini memiliki peran yang sangat vital dalam mewujudkan misi kerasulan atau justru sebaliknya menggagalkannya.

Sejumlah alternatif metode interpretasi telah ditawarkan oleh para pakar hadis dan studi keIslaman lainnya pada dasarnya telah berkontribusi dalam membentuk pemahaman dan perilaku masyarakat Muslim dari era klasik hingga kontemporer. Hanya saja, komprehensivitas metode interpretasi sering kali tidak terpenuhi sehingga kurang maksimal dalam menggali pesan-pesan substantif-konstruktif dari hadis Nabi Saw. Pendekatan manajemen yang digunakan dalam metode yang ditawarkan buku ini penting untuk menjadi langkah dalam penyempurnaan Ilmu Ma‘āni al-Hadīs yang selama ini telah diapresiasi para pengkaji hadis melalui studi mereka. Ilmu Ma‘āni al-Hadīs digunakan para pengkaji hadis dalam mengeksplorasi makna substantif (maqashid al-Hadīs) dan makna formatif (al-sunnah al-nabawiyah) dari hadis Nabi. Namun, absennya langkah manajemen dalam proses interpretasi memungkinkan terjadinya cacat prosedur yang fatal setidaknya terkait kualitas periwayatan hadis.

Karakteristik hadis yang khas dibandingkan Al-Qur’an karena proses periwayatannya menuntut analisis terhadap input hadis untuk memastikan validitas hadis. Input hadis mengawali step berikutnya, yaitu proses interpretasi yang ditempuh dengan Teknik interpretasi tekstual, intertekstual, dan kontekstual yang melibatkan berbagai perangkat keilmuan, mulai dari linguistik, sejarah, dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Proses tersebut melahirkan output dan outcome yang dapat dikontekstualisasikan dengan konteks kehidupan yang dinamis.

Semoga jihad ilmiah penulis berkontribusi positif dalam upaya menghidupkan sunnah Nabi Saw. (ihyā al-sunnah) dalam realitas kehidupan umat manusia yang terus menghadirkan tantangan besar dengan perkembangan sains teknologi yang sangat cepat.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Company Profile 500 ribuan
(Kembali Ke Atas)