Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Integrasi Ilmu Mazhab Indonesia: Studi Interdisipliner, Crossdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner

Berat 0.46
Tahun 2023
Halaman 306
ISBN 978-623-384-538-0
Penerbit Prenada Media Group
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp115.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Salah satu di antara kekuatan Kementerian Agama (Kemenag) di dalam mengelola pendidikan tinggi Islam adalah pemberian keleluasaan bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk mengembangkan pembedaan bagi pengembangan program pendidikan. Hanya saja bahwa semua berada di dalam koridor pengambangan ilmu keislaman integratif atau yang disebut sebagai integrasi ilmu. Dan yang menggembirakan adalah semua pimpinan PTKI, khususnya PTKIN, sudah sangat memadai pemahamannya tentang integrasi ilmu ini. Meskipun labelling terhadap integrasi ilmu di PTKIN bervariasi, akan tetapi sesungguhnya basis ontologis, epistemologis, dan aksiologisnya tetaplah sama. Jadi secara substansial memiliki kesamaan yaitu upaya untuk mengembangkan ilmu keislaman yang terintegrasi dengan sains dan teknologi serta ilmu sosial dan humaniora. Pola integrasi yang dikembangkan adalah pengembangan integrasi ilmu berbasis interdisipliner, crossdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner.
Buku ini hadir dengan kesederhanaannya. Tidak sebagaimana buku teks yang rumit dengan referensi yang canggih dan mutakhir, akan tetapi buku ini merupakan refleksi atas program integrasi ilmu dan perkembangannya di perguruan tinggi, khususnya di PTKI, yang ditulis melalui berbagai pemahaman dan pengalaman atas fenomena integrasi ilmu. Buku ini hadir dari karya-karya penulis yang telah dikelola sejak tahun 2000-an hingga sekarang. Bagi pembaca yang terbiasa membaca karya akademik dengan catatan yang rumit, referensi yang rumit dan bahasa yang canggih, maka buku ini bukanlah buku dengan tampilan seperti itu. Sekali lagi buku ini hadir dengan kesederhanaannya.
Penulis berharap bahwa dengan hadirnya buku ini, akan menjadi salah satu bukti bahwa PTKI sudah melakukan hal yang terbaik di dalam pengembangan program integrasi ilmu sebagaimana mandat yang dibebankan kepada PTKI di Indonesia. Buku ini kiranya akan bermanfaat bagi para pembaca, baik para mahasiswa maupun pimpinan PTKI.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

BAB 1 PENDAHULUAN 1
A. Pengantar
B. Integrasi Ilmu pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam
C. Undang-Undang Sisdiknas: Rumpun Ilmu Berkhas Keindonesiaan
D. Posisi Islamic Studies dalam Rumpun Ilmu
E. Integrasi Ilmu Agama dan Umum (1)
F. Integrasi Ilmu Agama dan Umum (2)
G. Epistemologi Integrasi Ilmu
H. Integrasi Ilmu dalam Nalar Islami
I. Integrasi Ilmu Melalui Kelembagaan
Daftar Pust
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)

Riwayat Penelusuran Anda (1 Produk Terakhir yang Baru Anda Lihat)

Bersihkan Riwayat
Kesehatan Jiwa & Psikiatri: Pedoman Klinis Perawat (Edisi 2)
Jangan Tampilkan Lagi