Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Kedokteran & Kesehatan    Kedokteran

Hematologi dan Transfusi

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.55
Tahun 2014
Halaman 368
ISBN 9786022413509
Penerbit Erlangga
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp162.000 Rp180.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Sebagai pendahuluan, dalam buku Hematologi & Transfusi ini dijelaskan secara singkat tentang sel-sel darah dan fungsinya. Pembahasan diawali dengan pembentukan sel-sel darah yang meliputi tempat, organ-organ yang berperan, waktu pembentukan, ciri-ciri pembentukan dan perkembangan sel darah, serta perbedaan umum antara sel darah muda dengan sel yang matang. Pembahasan selanjutnya yaitu mengenai eritrosit yang disajikan secara lebih mendalam, fungsinya secara umum, pembentukan eritrosit beserta faktor-faktor yang berpengaruh dan kelainan morfologinya, serta dibahas pula tentang hemoglobin normal dan abnormal.

Bagian terbesar pembahasan dalam buku ini adalah mengenai pemeriksaan hematologi secara manual. Meskipun pemeriksaan hematologi pada laboratorium klinik pada umumnya telah dilakukan secara otomatis, tetapi penjelasan pemeriksaan secara manual mutlak perlu dipahami sebagai keterampilan dasar. Penjelasan mengenai tahap pra-analitik utamanya yaitu tentang pengambilan sampel darah vena yang diuraikan secara cukup mendalam dan diperjelas dengan gambar sehingga lebih mudah dipahami. Selain langkah-langkah flebotomi, diuraikan juga tentang faktor-faktor penyebab kegagalan tindakan, efek samping terhadap pasien, dan jaminan kualitas pada tindakan tersebut. Langkah-langkah pemeriksaan laboratorium hematologi secara manual diuraikan dan dilengkapi dengan gambar untuk tes hematologi rutin, beberapa di antaranya dikaitkan dengan implikasinya pada kondisi klinis.

Pada akhir pembahasan lebih banyak diuraikan tentang pengetahuan sebagai dasar korelasi antara kondisi klinis dengan hasil pemeriksaan laboratorium. Dalam hal ini, diuraikan secara ringkas mengenai anemia, leukemia, dan kelainan koagulasi. Selain itu, dijelaskan pula gambaran umum tentang topik transfusi darah yang menyangkut praktik tindakan transfusi darah.

TENTANG PENULIS

dr. Rukman Kiswari adalah seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro pada tahun 1990. Penulis mengawali kariernya dengan bertugas sebagi dokter PTT di Rembang, Jawa tengah pada tahun 1993–1995. Kemudian, pada tahun 1995-2010 sebagai pengajar dengan mata pelajaran yang diampunya di antaranya Hematologi, Kimia Klinik, dan Patofisiologi di Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK) Theresiana  Semarang. Pada tahun 1997–2007, penulis menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAK Theresiana. Dilanjutkan pada tahun 2007-2011, penulis menjadi Kepala Program keahlian Analis Kesehatan, SMK Theresiana Semarang, dan akhirnya menjabat sebagai Direktur Akademi Analis Kesehatan Theresiana mulai tahun 2011 sampai sekarang. Adapun mata kuliah yang diampunya di antaranya mata kuliah Patofisiologi, Hematologi, dan Kimia Klinik. Selain itu, penulis juga menjadi Ketua bidang Organisasi Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan (PATELKI) wilayah Jawa Tengah.
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Pedoman Teknik Dasar Untuk Laboratorium Kesehatan (Edisi 2)
Chairlan
Rp206.000
Imunologi: Diagnosis dan Prosedur Laboratorium
Siti Boedina Kresno
Rp171.000 Rp190.000
Buku Ajar Berwarna Histologi
Leslie P. Gartner, James ..
Rp480.000
Mikrobiologi Untuk Klinik dan Laboratorium
Misnadiarly
Rp54.900 Rp61.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)