Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Sosial

Filologi Indonesia: Teori dan Metode

Berat 0.25
Tahun 2022
Halaman 206
ISBN 978-602-1186-28-2
Penerbit Prenada Media Group
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp62.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Naskah kuno tulisan tangan (manuskrip) belum banyak diketahui oleh banyak orang. Padahal, melalui manuskrip kuno dapat memandu kita menapaki jalan pintas untuk menyelami sejarah, tradisi, peradaban, dan ilmu pengetahuan dari masa tampau yang belum diketahui atau terungkap. Pengetahuan ilmiah untuk membaca naskah kuno tersebut merupakan bagian studi Filologi. Philology is about reading manuscripts. Pertanyaan ilmiah terkait Naskah dan Filologi: Apa yang dimaksud dengan Naskah yang menjadi objek kajian Apa saia kandungan isinya? Apa kontribusinya bagi perkembangan peradaban dan kebudayaan Indonesia?

Buku Filologi Indonesia ini membincangkan perihal Naskah tulisan tangan (manuskrip), khususnya dari budaya masyarakat—tradisi kuno atau masa lampau—di kawasan Nusantara. Beberapa kajian atau diskusi ilmiah akan bersentuhan dengan teori dan metodologi, namun beberapa bagian lainnya lebih menekankan pada refleksi atas pengalaman empiris dalam kajian Filologi.

Karakteristik Naskah kuno Nusantara sangat dipengaruhi oleh tradisi Islam, selain juga proses inkulturasi—penyesuaian dan adaptasi terhadap tradisi masyarakat Nusantara pra-Islam. Substansi isi bahasan buku Filologi Indonesia ini juga memberikan perhatian khusus terhadap kajian Naskah—meliputi kawasan Nusantara—yang dihubungkan dengan kajian Islam(Islamic studies).

Bagian terpenting dari substansi isi literatur bidang studi Naskah dan Filologi Indonesia ini mengkhususkan pada konsep teori dan metodologi penelitian Filologi. Disajikan dalam tujuh (7) bab utama: (1) Pendahuluan; (2) Apa itu filologi? (3) Naskah: objek kajian filologi; (4) Sejarah perkembangan studi naskah dan ilmu filologi; (5) Teori, metode, dan alur penelitian filologi; (6) Kodikologi dan paleografi; serta (7) katalogisasi dan digitalisasi naskah Indonesia.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

Bagian Pertama
pendahuluan 1
Khazanah Naskah Nusantara: Sebuah Gambaran Umum 6
Bagian Kedua
apa itu filologi? 11
Beberapa Pengertian Filologi 12
Beberapa Pemahaman tentang Filologi 15
Tugas Seorang Filolog 18
Bagian Ketiga
Naskah: objek ka jian filologi 21
Beberapa Pengertian tentang Naskah 21
Beberapa Pemahaman tentang Naskah 23
Naskah, Teks, dan Matan 28
Bagian Keempat
sejarah
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)