Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Manajemen

Esensi Manajemen Mutu: Panduan untuk Akademisi dan Praktisi Bisnis

Berat 0.45
Tahun 2023
Halaman 398
Penerbit Alfabeta
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Akan Terbit
Apakah anda ingin diberitahu pada saat buku ini sudah tersedia?
Rencana Terbit: Belum diketahui kapan buku ini akan terbit

Sinopsis

Saat ini persaingan bisnis semakin ketat dan terus berkembang dengan pesat. Organisasi harus mampu menyediakan produk atau layanan yang bermutu agar dapat memenangkan persaingan dan mempertahankan posisinya di pasar. Oleh karena itu, manajemen mutu menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam organisasi. Buku “Esensi Manajemen Mutu” hadir sebagai panduan bagi para akademisi dan praktisi bisnis yang ingin memperdalam pemahaman tentang manajemen mutu. Buku ini terdiri atas enam bab, yang membahas secara komprehensif mengenai topik-topik mendasar yang perlu diketahui tentang manajemen mutu.

Bab pertama, membahas hakikat mutu dalam organisasi. Mutu merupakan aspek yang penting dalam dunia bisnis dan sangat mempengaruhi keberhasilan organisasi. Dalam bab ini, pembaca akan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang definisi mutu, dimensi mutu, jenis mutu, level mutu, perspektif fungsional terhadap mutu, dan keterkaitan mutu.

Bab kedua, membahas hakikat manajemen mutu. Manajemen mutu fokus pada pemenuhan kebutuhan dan harapan pelanggan dengan cara mengoptimalkan seluruh sistem organisasi. Dalam bab ini, pembaca akan memperoleh pemahaman tentang definisi manajemen mutu, perkembangan pemikiran manajemen mutu, kerangka kerja teori manajemen mutu, model manajemen mutu, prinsip-prinsip manajemen mutu, tujuan dan manfaat manajemen mutu, serta kelemahan manajemen mutu.

Bab ketiga, membahas pelopor mutu yang memberikan kontribusi besar dalam perkembangan manajemen mutu. Para pelopor mutu yang akan dibahas dalam bab ini adalah Walter Andrew Shewhart, William Edwards Deming, Joseph Moses Juran, Armand Vallin Feigenbaum, Philip Bayard “Phil” Crosby, Kaoru Ishikawa, Genichi Taguchi, Shigeo Shingo, dan Masaaki Imai. Para pelopor mutu ini merupakan tokoh-tokoh yang memiliki kontribusi besar dalam mengembangkan teori dan praktik manajemen mutu yang diterapkan organisasi hingga saat ini.

Bab keempat, membahas kepemimpinan dalam konteks manajemen mutu. Kepemimpinan merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan implementasi manajemen mutu di suatu organisasi. Pemimpin yang efektif harus memiliki pemahaman yang baik tentang konsep dan prinsip-prinsip manajemen mutu, serta mampu mengaplikasikannya dengan baik dalam praktik sehari-hari.

Bab kelima, membahas tiga pendekatan manajemen mutu yang populer digunakan dalam organisasi, yaitu Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Total Quality Management (TQM), dan Six Sigma. Pendekatan-pendekatan tersebut telah terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi dengan fokus pada pencapaian mutu yang lebih tinggi.

Bab keenam, membahas fokus kepada pelanggan dalam manajemen mutu. Pelanggan menjadi fokus utama dalam setiap organisasi, dan memahami kebutuhan dan keinginan mereka sangat penting untuk mencapai keberhasilan jangka panjang.

Buku ini dapat memberikan pemahaman yang komprehensif tentang manajemen mutu, dan dapat memberikan inspirasi bagi para pemimpin dan pengambil keputusan dalam organisasi untuk memperbaiki mutu produk atau layanan, sehingga dapat memenangkan persaingan bisnis yang semakin kompetitif.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Company Profile 500 ribuan
(Kembali Ke Atas)