Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Psikologi & Pengembangan Diri    Psikologi

Ergonomi Kognitif

Berat 0.39
Tahun 2022
Halaman 204
Penerbit Rosda
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp70.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Ergonomi kognitif merupakan salah satu cabang keilmuan ergonomi yang menjadi topik penting saat ini, terutama terkait dengan Revolusi Industri 4.0, dimana aktivitas mental/kognitif kian mendominasi di sejumlah sektor dan tempat kerja. Ergonomi kognitif secara khusus membahas tentang kemampuan dan keterbatasan manusia mulai dari proses input informasi atau stimulus dari lingkungan, untuk kemudian diolah di otak (yang meliputi proses persepsi, atensi, memori), serta memberikan respons terhadap informasi tersebut berupa pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah.
Buku ini membahas mulai dari perkembangan ilmu ergonomi hingga munculnya bidang ergonomi kognitif, apa itu ergonomi kognitif, konsep dan model proses kognitif, proses kognitif, bagaimana cara mengukur dan mengevaluasi aktivitas kognitif, serta seperti apa kapasitas kognitif manusia. Tidak kalah penting, buku ini juga akan membantu dalam memahami bahwa Ergonomi Kognitif berperan baik dalam desain dan rekayasa produk/sistem, organisasi, hingga keselamatan dan kesehatan sistem. Peran-peran ergonomi kognitif ini diuraikan dengan sejumlah contoh aplikasi.
Buku ini dapat menjadi sebuah pengantar mengenai Ergonomi Kognitif yang tidak hanya komprehensif dari segi teori, tetapi juga aplikatif sebagai acuan untuk sejumlah aktivitas akademik (penelitian, pengajaran, pengabdian masyarakat) dan profesional (aplikasi di industri).
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

BAB I PERKEMBANGAN KEILMUAN ERGONOMI
A. Definisi Ergonomi
B. Perkembangan Ergonomi
C. Penerapan Keilmuan Ergonomi
D. Pembagian Keilmuan Ergonomi

BAB II ERGONOMI KOGNITIF
A. Definisi Ergonomi Kognitif
B. Sejarah Ergonomi Kognitif
C. Pentingnya Ergonomi Kognitif
D. Fungsi dan Kemampuan Kognitif
E. Tuntutan Kognitif Pekerjaan
F. Penerapan Ergonomi Kognitif

BAB III MODEL DAN ARSITEKTUR
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)