Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Politik

Dramatisme: Retorika Politik Kenneth Burke

Berat 0.50
Tahun 2022
Halaman 144
ISBN 978-602-446-644-2
Penerbit Rosda
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp50.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

“Life is a drama,” begitu kata Kenneth Burke. Tensi dramatik manusia ditampilkan dalam cara-cara memoralisasi, memuji, merendahkan, dan usaha-usaha untuk memperlihatkan diri sebagai orang yang sempurna dan bermartabat di tengah prahara konflik, tragedi, krisis, dan bencana. Sebagai manusia yang menggunakan bahasa, pada gilirannya ia memanfaatkannya untuk menyajikan realitas, tetapi juga membelokkan realitas.

Dalam drama kehidupan manusia, kontestasi retoris sebagai hal yang tidak dapat dihindari. Pernyataan-pernyataan retorika ini menyertai drama untuk menunjukkan diri bahwa ia bersih. Argumentasi, retorika, persuasi, dan kata-kata moralis serta etis dipakai untuk menunjukkan kesempurnaan diri pada satu sisi, sedangkan di sisi lain dipakai untuk menyalahkan orang atau objek lain di luar dirinya. Dalam drama dibutuhkan scapegoat—pengkambinghitaman. Yakni sesuatu yang kita timpakan sebagai penyebab kesalahan, penyebab tragedi, penyebab krisis, dan bencana. Melalui penggunaan bahasa, seseorang mencari kambing hitam dan secara bersamaan memurnikan diri.


Buku ini memberi jalan dalam upaya memahami trilogi karya dari Kenneth Burke, yakni Rhetoric of Motive, Grammar of Motive, dan Language as Symbolic Action. Tiga buku yang menggambarkan gagasan besar dari Teori Dramatisme yang sesungguhnya banyak berbicara tentang retorika dan tentu relevan dengan retorika politik.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

BAB 1 DEFINISI MANUSIA
Manusia Pengguna Simbol
Negativisme
Moralisasi
Redemption: Mortification dan Scapegoat
Hierarki dan Kesempurnaan
Instrumentasi Tindakan Komunikasi
Life is Drama

BAB 2 RETORIKA DAN DRAMATISME
Perspektif Aristotelian
Identifikasi, Substansi, dan Ko-substansi
Taktik dan Strategi Persuasi
Intrinsik dan Ekstrinsik
Retorika dan Dramatisme


BAB 3 SIMBOL DAN MAKNA
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)