Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Pemerintahan

Daulat Wakil Rakyat Memilih Pejabat: Konstitusionalitas Persetujuan DPR dalam Pengisian Jabatan Publik

Berat 0.53
Tahun 2020
Halaman 244
ISBN 9786232315228
Penerbit Rajawali Pers
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp95.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Pengisian jabatan publik merupakan sesuatu yang menarik untuk diamati dan ditelisik. Sebab, proses pengisian atau rekrutmen jabatan publik akan sangat berkorelasi dengan seberapa profesional, akuntabel, dan baik kinerja sebuah institusi nantinya. Jika prosedur penentuan jabatan publik saja sudah sangat dipengaruhi oleh berbagai kepentingan pragmatis dan oportunis, maka jangan salahkan jika suatu lembaga nantinya akan diisi oleh orang-orang yang tidak kapabel dan tidak memiliki kompetensi di bidang yang akan didudukinya. Apalagi institusi yang dimaksud adalah institusi dalam bidang hukum. Mekanisme rekrutmen pengisian jabatannya akan menjadi titik yang sangat krusial untuk dikupas.

Buku yang diangkat dari karya ilmiah (tesis) Penulis saat menempuh Magister Hukum ini merupakan hasil penelitian terhadap kons- titusionalitas kewenangan DPR dalam memilih para calon yang akan menduduki jabatan di tiga institusi, yakni hakim agung di Mahkamah Agung, anggota Komisi Yudisial, dan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi. Buku ini mengulik hal-hal berkenaan dengan hubungan antarlembaga negara, prinsip check and balances, konsep rekrutmen pejabat publik yang ideal dan konstitusional yang dikaitkan dengan Putusan MK, khususnya Putusan Nomor 27/PUU-XI/2013 dan 16/PUU-XII/2014, hingga menelusuri original intent pada saat pembahasan perubahan UUD 1945.

Buku ini bermanfaat bagi para pemerhati hukum, mahasiswa, maupun masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai hukum, khususnya seluk-beluk proses rekrutmen jabatan publik di Indonesia.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)

Riwayat Penelusuran Anda (5 Produk Terakhir yang Baru Anda Lihat)

Bersihkan Riwayat
Perlindungan Hukum Whistleblower dan Justice Collaborator dalam Upaya Penanggulangan Organized Crime
Ekonomi Manajerial: Kajian Ekonomi, Pilitik dan Budaya Untuk Pengambilan Keputusan Bisnis (Edisi Revisi)
Buku Ajar Kehamilan Untuk Mahasiswa Dan Praktisi Keperawatan Serta Kebidanan
Contagious: Rahasia Di Balik Produk Dan Gagasan Yang Viral
Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan (Edisi 3)
Jangan Tampilkan Lagi