Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Budaya

Buku Ajar Antropologi Perdesaan dan Perkotaan

Berat 0.30
Tahun 2023
Halaman 176
ISBN 978-623-218-678-1
Penerbit Prenada Media Group
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp62.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Ide mewujudkan buku ajar ini pada awalnya karena melihat pandemi Covid-19 menyebabkan turunnya minat mahasiswa untuk memiliki berbagai sumber bacaan guna rnemperluas cakrawala berpikir. Selain itu, banyaknya buku-buku tentang kehidupan masyarakat perdesaan dan perkotaan merupakan buah karya tulis dari para pakar asing yang berbahasa Inggris, sehingga kurang mendapat perhatian dari mahasiswa.

Buku ini sebagian besar berisikan tentang cuplikan, pemikiran, pendapat, dan pandangan para pakar yang menaruh perhatian terhadap persoalan antropologi perdesaan dan perkotaan. Para pakar menggunakan asumsi dasar sebagai pisau bedah dalam rangka mernahami apa itu antropologi perdesaan dan perkotaan. Penggunaan pisau bedah yang berbeda menghasilkan konsep dan pengertian yang berbeda pula. Perspektif berbeda yang digunakan penulis menjadikan buku ini cukup komprehensif, jelas, dan mudah dipahami.

Buku ajar ini terdiri atas Lima bab, yakni: Bab I Masyarakat Desa dalam Perspektif Antropologi, Bab II Hubungan Desa, Kota dan Negara, Bab Ill Kota dalam Perspekktif Antropologi, Bab IV Pembangunan Kota Berkelanjutan, dan Bab V ditutup dengan Sirnpulan dan Rekomendasi.
Kehadiran buku ajar ini diharapkan menjadi pengantar untuk mempelajari istilah, pengertian, dan konsep-konsep dasar tentang antropologi perdesaan dan perkotaan. Selain itu, buku ajar ini dapat memberikan pemahaman pemula bagi mahasiswa yang ingin mempelajari fenomena kehidupan sosial budaya masyarakat perdesaan dan perkotaan. Semoga materi dan pembahasan di dalamnya dapat memancing diskusi hangat di kalangan mahasiswa, khususnya mereka yang menjalani matakuliah antropologi perdesaan dan perkotaan.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

BAB 1 MASYARAKAT DESA DALAM PERSPEKTIF ANTROPOLOGI 1
1.1 Pengertian Masyarakat Desa 1
1.2 Sejarah Terbentuknya Masyarakat Desa 4
1.3 Rekam Jejak Perkembangan Sejarah Masyarakat Desa 8
1.3.1 Masa Berburu dan Meramu 8
1.3.2 Masa Bercocok Tanam 10
1.3.3 Masa Kerajaan 13
1.3.4 Masa Penjajah Belanda 16
1.3.5 Masa Penjajahan Jepang 18
1.4 Masyarakat Tradisional 20
1.4.1 Gejala Umum Kehidupan M
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)