belbuk.com
  Cara Pembelian    Konfirmasi Transfer   Status Pesanan   Bantuan   Hubungi Kami    
belbuk.com
 Buku  CD/DVD  ATK  Komputer  
0  Troli
Daftar Keinginan
Buku    Hukum    Hukum Islam

Studi Kawasan Dunia Islam

Berat   0.54 kg
Tahun   2009
Halaman   444
Ukuran   13.5 x 20.5
Penerbit   Rajawali Pers
Sinopsis    Daftar Isi    Buku Sejenis
Persediaan Habis
Persediaan Buku sedang habis. Apakah anda ingin diberitahu pada saat Buku sudah tersedia?
Ya, kirim saya pemberitahuan
1
Belum ada yang memberi tinjauan untuk produk ini.    
Berikan Tinjauan Anda

Sinopsis

Dalam rentang perjalanan sejarah, Islam terbukti mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada budaya dan bahasa di berbagai kawasan di dunia. Islam, sebagai agama yang selalu sesuai untuk segala tempat dan masa, menjadi unsur paling dominan dalam kehidupan berbagai bangsa dan wilayah di dunia. Bagaimana Islam di setiap wilayah dan negara dari berbagai kawasan di dunia dibahas panjang lebar di dalam buku ini, baik dari sudut etnolinguistik-historik maupun geopolitik.

Sajian konseptual dikemas dalam bahasa yang ringan, dilengkapi dengan teori-teori kajian yang aplikatif sehingga secara praktis topik-topik pembahsannya dapat dilihat dalam perkembangan dunia Islam dewasa ini. Lebih dari itu, lewat buku ini, Anda secara tidak langsung diajak berkenalan dengan 'saudara' Anda yang berada di kawasan lain, yang berbeda bahasa, tradisi, dan adat istiadatnya.

Karya ini menyajikan secara komprehensif mengenai realitas dunia Islam dalam konteks yang sesungguhnya. Statement al-Qur'an tentang entitas ras, warna kulit manusia dan bahasa yang disandangnya (QS.Rum;22, QS.Al-Hujurat;13, dan lain-lain) serta bagaimana proses penciptaan dan pencitraan munculnya sebuah wilayah kebudayaan dan peradaban Islam akibat akumulasi yang sangat kompleks, dijelaskan secara konkrit dan faktual. Setiap area etno-linguistik muslim sebagai wilayah kebudayaan dan peradaban Islam seperti Arab, Persia, Turki, Melayu, Afrika Hitam, Asia Selatan, dan lain-lain, secara umum terbentuk oelh dorongan kekuatan karakteristik etnik dan ras, pengalaman dan kesadaran sejarah, bahasa dan makanan yang digunakan, serta dinamika kependudukan dan geografi yang ditempatinya. Pada awal abad ke 20 fenomena Islam sebagai doktrin dan upaya realisasinya di masing-masing kawasan etno-linguistik Islam tersebut menjadi semakin variatif dan menunjukkan keunikannya, ketika sejumlah kesadaran nasionalisme (geo-politik) mucul di setiap kawasan kebudayaan. Studi mengenai hal ini menjadi semakin menarik ketika melihat masing-masing wilayah geo-politik dihadapkan pada akumulasi global, bagaimana mereka memunculkan ideologi lokal dan membangun batas-batas geo-politik dan geografinya, serta menunjukkan identitas dan modernitasnya. Bagaimana kekuatan setiap etnis muslim bisa menghubungkan dan merangkum berbagai kepentingannya dalam pengembangan ekonomi, politik, budaya, gender, identitas lokal, termasuk gerakan keagamaannya. Potret tentang arah perkembangan dan dinamika kelompok-kelompok etnik muslim dalam batas-batas etno-linguistik dan geo-politiknya, jelas masih memerlukan kecermatan dan studi yang sungguh-sungguh. Untuk memudahkan dan mengetahui lebih detil bagaimana upaya melakukan studi kawasan dunia Islam secara komprehensif dan berimbang, bisa dibaca dalam karya ini.

Buku ini merupakan referensi wajib bagi mahasiswa jurusan Sejarah Peradaban Islam, Jurusan Perbandingan Agama dan Filsafat Islam, Jurusan Sastra dan Hubungan Internasional.

"...karya ini telah mengantarkan pada sebuah pendekatan dan pengkajian sejerah yang berimbang, kajiannya tidak lagi memusatkan pada kajian yang sentralistik, tapi memposisikan semua wilayah Islam berada dalam keragaman dan kesatuannya...". Azyumardi Azra (Sejarawan Muslim, Direktur Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). "Sebuah sajian konseptual tentang dunia Islam sesungguhnya yang dikemas dalam bahasa yang ringan berikut teori-teori kajian yang aplikatif. Siapapun yang membacanya akan tergelitik untuk mengenal lebih dalam dunia Islam sesungguhnya". (Rajawali Post).
 

Daftar Isi

Bab 1 Pendahuluan

Bab 2 Epistemologi Etnolinguistik-Historik dan Geopolitik

         - Merumuskan Istilah - Sejarah Tentang Studi kawasan - Hubungan Perkembangan Bahasa dan Etnis - Kompleksitas Bahasa dan perkembangan Ilmu Bahasa
         - Studi Etnolinguistik; Kasus Bahasa Melayu - Kaitan Studi Etnis, Ras, Bangsa, dan Kebudayaannya - Etnolinguistik dan Geopolitik Sebagai Model Pemetaan
         - Kawasan Islam di Dunia Intenasioanal - Model Kajian Konvensional, Vertikal, dan Horizontal - Model Kajian Ciri-ciri Khusus - Nasionalisme; Realitas Baru                                                               Pemetaan Kawasan Dunia Islam - Regionalisme Wilayah Budaya Islam - Membangun Kesadaran Sejarah Wilayah
          
Bab 3 Tipologi Kawasan Timur Tengah (The Middle Eastern)

Bab 4 Tipologi Kawasan Irano-Persia

Bab 5 Tipologi Kawasan Turki

Bab 6 Kawasan Afrika Hitam

Bab 7 Kawasan Melayu

Buku Sejenis

Fikih Munakahat: Kajian Fikih Nikah Lengkap
H. M. A. Tihami, Sohari Sahrani
Bantuan Hukum dalam Islam
Didi Kusnadi
Hukum Ekonomi Syariah: Dalam Perspektif Kewenangan Peradilan Agama
Abdul Manan
Hukum Perdata Islam di Indonesia
Beni Ahmad Saebani, Syamsul Falah
Nasab & Status Anak dalam Hukum Islam
Nurul Irfan
Tiga Kategori Hukum: Syariat, Fikih, dan Kanun
Ahmad Sukardja, Mujar Ibnu Syarif
Esai-esai Sejarah Sosial Hukum Islam
H.M. Atho Mudzhar
Sejarah Peradilan Islam
Alaiddin Koto
Masail Al-Fiqh: Kasus-kasus Aktual dalam Hukum Islam
Mahjuddin
Hukum Perdata Islam Di Indonesia
Zainuddin Ali
Hukum Kepailitan: Analisis Hukum Perselisihan dan Hukum Keluarga Serta Harta Benda Perkawinan
Isis Ikhwansyah, Sonny Dewi Judiasih, Rani Suryani
Hukum Islam: Dinamika Perkembangan Masyarakat (Menguak Pergeseran Perilaku Kaum Santri)
Pujiono
Tentang Kami      Cara Pembelian      Ketentuan Pembelian      Pusat Bantuan      Hubungi Kami
Program Afiliasi      Karir
Copyright ©2008 - 2014 belbuk.com
Jl. Matraman Raya No. 66, Jakarta Timur 13150
Tlp. 021-85910810 (Senin s/d Jumat Pkl 09.00-18.00 WIB)