belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
ahmad hasnan
ahmad hasnan
Depok, Jawa Barat
Ulasan oleh ahmad hasnan:
1 s.d. 2 (dari 2 ulasan)
Turbin Air: Teori dan Dasar Perencanaan (Turbin Air, Cara Kerja Turbin, Pipa Isap, Turbin Banki, Roda Air) Turbin Air: Teori dan Dasar Perencanaan (Turbin Air, Cara Kerja Turbin, Pipa Isap, Turbin Banki, Roda Air)
Syukuri Himran
Rating: 4 dari 5 Bintang!, 25/10/2018
Tidak banyak buku teknik tentang Turbin Air ber ISBN yang terbit dan beredar di Indonesia, terdapat dua yang sering menjadi rujukan yaitu karangan Wibowo Paryatmo dan Satunya tentu karangan dari Syukri Himran, lengkapnya adalah Prof.Dr.Ir. H. Syukri Himran,MSME, beliau adalah Dosen di Teknik Mesin Universitas Hasanudin Makasar, dari segi pengalaman pengarang, sudah tidak di ragukan lagi keilmuanya, beliau sudah Ahli di biidang dan mendapatkan gelar Professor.
Dari segi isi buku, Buku ini termasuk lengkap, Bagian Pertama Berisikan dasar-dasar untuk memahami konsep pemanfaatan energi ketinggian air atau head, konsep daya pada turbin, dan beberapa jenis turbin seperti turbin impuls, turbin kaplan, turbin reaksi. Bagian menengah (BAB 2- BAB 5) lebih mendalam lagi membahas mengenai prinsip perhitungan detail dalam penentuan rekayasa turbin, misalnya perhitungan sudu, loses pada turbin, effisiensi turbin, menghitung head turbin secara lebih terperinci, nozzle dan sudu pengarah, BAB Akhir lebih membahas permasalahan pada turbin seperti kavitasi, draft tube dan putaran kritis. Hal menarik dari buku ini adalah pemilihan kata yang mudah dipahami, pembahasan keteknikan yang simple, mudah, dan tidak bertele-tele.
mesikupun buku ini membahas mengenai energi dan cara perhitungan roda air, namun buku ini belum membahas mengenai low head turbine ataupun zero head turbine yang saat ini sedang ngetrend.
Akhir kata buku sangat cocok untuk dibeli dan dipelajari bagi siapa saja yang ingin mendalami mengenai cara perhitungan, perencanaan Turbin Air.
Teknologi dan Perencanaan Sistem Perpipaan Teknologi dan Perencanaan Sistem Perpipaan
Raswari
Rating: 4 dari 5 Bintang!, 12/09/2018
1 dari 1 orang menilai cukup membantu
tidak dipungkiri bahwa buku teknik terutama sistem perpipaan yang mengacu kepada standard perencanaan seperti ASME 31.3, ASME 31.8 dan ASMe 31.1 sangat sulit didapatkan yang berbahasa Indonesia, Pak Raswari memberikan penjelasan secera dasar tetang sistem perpipaan sesuai standard ASME, bagaimana menghitung kekuatan material, thickness, menentukan faktor-faktor yang berpengaruh, pemilihan komponen sistem peripaan, mulai dari elbow, tee, gasket, reducer, weldolet, treadolet, metode penyambungan pipa, lalu menjelaskan sistem instrumentasi dalam perpipaan seperti metering system, reducing station, meter prover, field instrumentation seperti Pressure Indicator, Temp Indicator, DPI dsb. di beberapa Bab juga di singgung proses qualiaty control, dan NDT yang umum digunakan untuk proses piping. tentunya buku ini sangat membantu bagi mahasiswa, lulusan S1, D3, STM maupun engineer yang ingin masuk dan berkenalan dengan piping dan pipeline.
Bahasa yang digunakan sederhana dan sangat mudah dipahami, kekurang dari buku ini adalah kurang membahas aturan lebih detail di ASME dan perbedaanya terhadap SNI, lebih lanjut juga belum membahasa jauh untuk pipa dengan material plastik seperti HDPE.
overall, saya tetap merekomendasikan buku ini sebagai salah satu buku piping terbaik di Indonesia.
  1