Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Hukum Bisnis

Hukum Tentang Pembiayaan

Berat 0.30
Tahun 2014
Halaman 286
ISBN 9789794910603
Penerbit Citra Aditya
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp100.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Dalam buku ini dibahas berbagai persoalan hukum mengenai pembiayaan, baik dari segi teori (perpustakaan dan perundang-undangan) maupun yang terjadi dalam praktek (kebiasaan bisnis dan yurisprudensi).
Pranata hukum yang pertama ditinjau dalam buku ini adalah leasing (sewa guna usaha). Yaitu dengan membahas konsep-konsep historis dan yuridis yang prinsipil tentang leasing, khususnya leasing barang modal, leasing jika diperbandingkan dengan pranata hukum yang lain yang mirip-mirip, seperti sewa beli, kredit bank, sampai dengan sistem penjaminan, aspek dokumentasi, tentang pemutusan perjanjian leasing dan eksekusi barang leasing jika cicilannya macet.
Kemudian, dibahas tentang aspek yuridis dari factoring (anjak piutang) yang juga dimulai oleh konsep yuridis fundamental dari factoring, dasar hukumnya, aspek hukum perdata BW (seperti subograsi, novasi dan cessie) dari factoring, perbandingan factoring, prosedur, dokumentasi dan juga tentang factoring internasional.
Selanjutnya, yang juga mendapat sorotan yang meluas adalah modal ventura (ventura capital). Yang dibahas antara lain karakteristik yuridis dari modal ventura dan dasar hukumnya, mekanisme operasional, aspek dokumentatif, perusahaan pasangan usaha dan perusahaan modal ventura.
Pembahasan selanjutnya adalah tentang aspek yuridis dari pranata hukum pembiayaan konsumen, dan aspek hukum tentang kartu kredit. Dalam hubungan dengan kartu kredit, di samping membahas konsep-konsep yuridis fundamental, juga membahas aspek pidana (seperti pemalsuan kartu kredit) dan aspek perlindungan konsumen.
Akhirnya, buku ini dilengkapi juga dengan berbagai perundang-undangan berkenaan dengan model-model pembiayaan tersebut di atas, semoga bermanfaat hendaknya.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

PENDAHULUAN
HUKUM TENTANG LEASING
Pendahuluan
Pengertian Leasing
Sejarah Leasing
Macam-macam Leasing
Perbedaan Leasing dengan Perjanjian Lain-lain
Untung Ruginya Menggunakan Leasing
Jaminan Hutang dalam Leasing
Siapa yang Sebenarnya Pemilik Barang Modal
Dokumentasi yang Diperlukan Dalam Leasing
Putusnya Perjanjian Leasing
Eksekusi Jika Ci
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

ArioArio, 04 October, 2017
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Materi di dalam buku ini sangat lengkap, spesifik dan detail membahas setiap unsur dan pokok bahasan dalam lingkup hukum pembiayaan, baik itu dilihat dari sisi teori, konsep serta doktrin hingga masuk ke dalam sisi paktik berkenaan dengan persoalan hukum yang terkait dengan pembiayaan. Buku ini sangat bermanfaaat sebagai bahan pembelajaran, utamanya bagi para pelaku aktif ataupun akademisi di bidang hukum, ekonomi serta mahasiswa untuk mengetahui lebih dalam pranata hukum pembiayaan, baik itu sewa guna usaha (leasing), anjak piutang, modal ventura, pembiayaan konsumen dan kartu kredit. Adapun bagi mahasiswa selain bermanfaat sebagai bahan pembelajaran, buku ini juga bermafaat dan dapat membantu dalam penulisan tugas akhir berkaitan dengan hukum pembiayaan.
Buku ini memiliki kelebihan dimana dengan materi yang detail, spesifik dan mendalam tentang hukum pembiayaan serta dapat dibaca dan mudah dimengerti oleh setiap pihak yang berminat untuk mempelajari lebih dalam konsep dan teori-teori tentang hukum pembiayaan.
1 dari 1 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Gusti Ayu Putu Wulan PradnyasariGusti Ayu Putu Wulan Pradnyasari, 15 April, 2013
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Buku ini sangat lengkap, dan sangat membantu dalam proses pembelajaran, dan sebagai referensi...
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)

Riwayat Penelusuran Anda (1 Produk Terakhir yang Baru Anda Lihat)

Bersihkan Riwayat
Psikologi Umum
Jangan Tampilkan Lagi