Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Ekonomi

Falsafah Ekonomi Islam: Ikhtiar Membangun dan Menjaga Tradisi Ilmiah Paradigmatik dalam Menggapai Falah

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.42
ISBN 97860273108
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp72.000 Rp80.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Ilmu ekonomi Islam merupakan disiplin ilmu yang baru-baru ini kembali mendapat perhatian luas dari berbagai kalangan ekonomi baik Muslim maupun non-muslim, baik negara Muslim maupun bukan negara Muslim. Perhatian ini diberikan begitu mendalam setelah ditelan gelombang kolonialisme terhadap hampir seluruh negara mayoritas Islam. Perhatian ini juga sedikit banyak dipicu oleh kegagalan ekonomi konvensional yang tidak mampu menjawab berbagai persoalan ekonomi. Banyak konsep atau produk kapitalis yang berkarakter zero sum game yang berakhir kepada krisis keuangan baik di level mikro maupun level makro bahkan berdampak global.

Ilmu ekonomi Islam yang baru tiga dekade-bila terhitung dari terlaksananya konferensi internasional tentang ekonomi islam di Mekah pada tahun 1976- tentu harus terus dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat. Usia ini tidaklah sebanding dengan panjangnya perjalanan ilmu ekonomi konvensional yang  telah begitu komplek menjadi sebuah disiplin ilmu. Terlepas dari paradigma berfikir "salah" konvensional yang bertolak dari pendekatan positif, paling tidak tradisi ilmiah di dunia barat telah berkembang dengan baik sampai sekarang.

Buku ini mencoba untuk menemukan kembali tradisi ilmiah yang sudah pernah dibangun oleh filosof muslim/ahlu al hikmah terdahulu dalam rangka mencapai kebenaran dan kesejahteraan kehidupan. Menegaskan struktur atau konstruk keilmuan ekonomi Islam dalam kerangka Fisafat ilmu, apakah berbasis pendekatan positif atau normatif? Bagaimana pendekatan elaborasi dan revisi termasuk Islamisasi digunakan dalam rangka pengembangan keilmuan ekonomi Islam? Suatu ikhtiar dalam membangun dan menjaga tradisi ilmiah-paradigmatik dalam menggapai kesejahteraan umat manusia (falah).
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Ekonomi Islam: Sejarah, Konsep, Instrumen, Negara dan Pasar
Akhmad Mujahidin
Rp83.700 Rp93.000
Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam
Mustafa Edwin Nasution
Rp81.000 Rp90.000
Maqashid Syariah
Ahmad Al-Mursi Husain Jau..
Rp52.200 Rp58.000
Ilmu Qawa'id Fiqhiyyah: Kaidah-Kaidah Hukum Islam
Ade Dedi Rohayana
Rp72.000 Rp80.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)