Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pendidikan & Keguruan    Pendidikan

Environasionalisme: Suatu Wujud Pendidikan Konstruktivisme

Berat 0.22
Tahun 2015
Halaman 122
ISBN 9786021186732
Penerbit Prenada Media Group
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter
Sigit Mangun Wardoyo
Rp32.000
Pembelajaran Nilai - Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif
Sutarjo Adisusilo
Rp60.000

Sinopsis

Dalam terminologi klasik Antropologi-Sosial, konsep bangsa (nation) digunakan untuk menggambarkan kategori besar orang atau masyarakat dengan kebudayaan yang kurang lebih seragam. Istilah bangsa (nation), mengikuti arus pendapat dominan dalam Antropologi, yaitu satuan kebudayaan. Kini, ketika argumentasi homogenitas semakin sukar dipertahankan, maka pembedaan bangsa dan kategori etnik menjadi semakin penting karena keterkaitannya dengan negara modern. Dengan kata lain, suatu perspektif Antropologi menjadi esensial bagi pemahaman secara menyeluruh mengenai nasionalisme.

Prinsip politik dan sentimen identitas menekankan bahwa bangsa (nation) merupakan konstruksi ideologi untuk menemukan keterkaitan antara kelompok kebudayaan dan negara, serta menciptakan komunitas abstrak (abstract communities) dari keteraturan yang berbeda dari negara dinasti atau komunitas berbasis kekerabatan. Cara strategis untuk memperkuat atau mencegah semakin goyahnya sentimen-imajinatif nasionalisme tersebut, yakni melalui pendidikan.

Pemikiran kritis-ilmiah yang menjadi substansi isi buku ini yaitu kurikulum pendidikan yang strategis dalam memperkuat sentimen-imajinatif nasionalisme dalam kebudayaan; mendekatkan proses belajar siswa dengan kekayaan lingkungan yang nyata (negara); menekankan kreativitas siswa sebagai subjek yang mengeksplorasi dan menjelaskan lingkungannya; proses pembelajaran tersebut seyogianya akan meningkatkan kesadaran, penghargaan, serta kecintaan terhadap lingkungan dan kekayaan yang terkandung di dalamnya. Inilah yang dinnaksud dengan pendekatan environasionalisme yang dipandang sebagai wujud pendidikan konstruktivisme masa kini.

Topik utama buku Environasionalisme: Suatu Wujud Pendidikan Konstruktivisme ini membahas perihal: (1) Konstruktivisme dan Pendidikan; (2) Konstruksi Nasionalisme; (3) Pendidikan Konstruktivisme; (4) Model Pendidikan Nasionalisme Berbasis Konstruktivisme: Environasionalisme; serta (5) Aplikasi Pendidikan Environasionalisme.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Daftar Isi

BAB 1 PRAWACANA

BAB 2 KONSTRUKTIVISME DAN PENDIDIKAN

BAB 3 KONSTRUKSI NASIONALISME

BAB 4 PENDIDIKAN KONSTRUKTIVISME

BAB 5 MEDEL PENDIDIKAN NASIONALISME BERBASIS KONTRTUKTIVISME: ENVIRONASIONALISME

BAB 6 APLIKASI PENDIDIKAN ENVIRONASIONALISME
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)