Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Keuangan

Ekonomi Mikro Syariah

Berat 0.35
Tahun 2016
Halaman 293
ISBN 9799790766112
Penerbit Pustaka Setia
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp48.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Ekonomi Makro Syariah
Vinna Sri Yuniarti
Rp50.000
Pengantar Ekonomi Syariah: Teori dan Praktik
Nur Rianto Al Arif
Rp60.000
Pokok-Pokok Sosiologi Hukum
Soerjono Soekanto
Rp99.000
Perubahan Sosial dan Pembangunan
Suwarsono
Rp55.000
Lainnya+   

Sinopsis

Ekonomi adalah perbuatan manusia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus didapat dan apabila tidak terpenuhi, manusia akan terganggu fisik dan psikisnya. Adapun keinginan adalah sesuatu yang ingin diperoleh dan apabila tidak terpenuhi, hanya menyebabkan gangguan psikis.
Dalam ekonomi kapitalis (konvensional), kebutuhan dan keinginan tidak dipisahkan. Kebutuhan adalah keinginan, sedangkan keinginan adalah kebutuhan. Berbeda dengan ekonomi Islam, kebutuhan dan keinginan berbeda. Islam membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tujuannya adalah manusia tidak terjebak dalam upaya mengumpulkan dan bergelimpangan harta secara berlebihan. Kebutuhan harus dipenuhi agar manusia dapat beribadah kepada Allah SWT. Selain itu, perbedaan antara ekonomi Islam dan ekonomi kapitalisme adalah motivasi ekonomi. Dalam sistem ekonomi Islam, motivasi ekonomi bertujuan mempermudah manusia beribadah kepada Allah SWT., sedangkan motivasi ekonomi kapitalisme bertujuan untuk memperoleh kekayaan dan kesejahteraan. Apabila suatu kebutuhan tidak terpenuhi, proses beribadah kepada Allah SWT. akan terganggu.
Dalam ekonomi mikro Islam, dasar ekonomi hanya memenuhi segi necessary condition, sedangkan moral dan tatanan syariah memenuhi unsur sufficient condition. Salah satu tujuan ekonomi mikro Islam adalah menerapkan prinsip ekonomi mikro Islam dalam pengambilan keputusan untuk mendapatkan keuntungan tanpa mengabaikan kemaslahatan umum.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)

Riwayat Penelusuran Anda (1 Produk Terakhir yang Baru Anda Lihat)

Bersihkan Riwayat
Catatan Hitam
Jangan Tampilkan Lagi