Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857

Ulasan Buku: Argumentasi Hukum - Philipus M. Hadjon

1 s.d. 10 (dari 13 ulasan)
Habib Hasan, 13 February, 2019
5 dari 5 Bintang!
buku ini sangat bermanfaat bagi para sarjana yang menimba ilmu dibidang hukum, pembasaham didalamnya sangat jelas dan dapat dipahami yang di jelasakan oleh Prod philip mengenai argumentasi hukum
2 dari 2 orang menilai ulasan ini membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
SUHANDERI, SH.,MH, 16 January, 2019
5 dari 5 Bintang!
Secara umum sangat bagus, baik dari sisi bahan buku maupun ketepatan waktu pengiriman.
Ba-han buku sangat bagus kertasnya, kuat dan tidak mudah lepas.
Sementa-ra untuk ketepatan waktu, sangat bagus karena sampai proses pengiriman berjalan dengan baik dan waktu sampai ke pembeli juga cepat.

Sementara hal yang perlu diperbaiki adalah manajemen pengiriman waktu hari libu atau sabtu minggu. perlu penegasan kembali dengan bagian pengiriman, karena kadang untik hari libur atau sabttu/ minggu pengiriman agak lambat.

Secara umum Belbuks.com sangat baik, dan dari sekian banyak toko buku online, saya tetap percata pada Belbuk.com.
Terima kasih.

Salam,
Suhanderi
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Nixie, 24 December, 2018
4 dari 5 Bintang!
Bahasanya cukup rumit dan tidak sederhana sehingga tidak dapat dimengerti oleh orang awam, sehingga tidak terbayang penerapan dalam prakteknya mengenai isi buku ini. Tidak disarankan untuk orang awam maupun mahasiswa hukum tingkat awal. Teori daalm buku ini cukup lengkap dan dapat dipahami namun tidak terbayang penerapannya.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
agung wibowo, 10 December, 2018
5 dari 5 Bintang!
Bagus utk menempatkan suatu peristiwa apakah peristiwa hukum sehingga kita mampu menarik kesimpulan yg benar dr suatu peristiwa atau peristiwa hukum, so peristiwa Belum tentu peristiwa hukum, & peristiwa hukum sdh pasti peristiwa....
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
ezra zerahya, 01 November, 2017
4 dari 5 Bintang!
materi dalam bukunya bagus dalam memberikan penjelasan mengenai argumentasi hukum, meskipun bukunya tipis tetapi memberikan manfaat bagi mahasiswa hukum
1 dari 1 orang menilai ulasan ini membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
M. Farouq S. AMd.SE.SH.SHI.BKP, 21 September, 2017
4 dari 5 Bintang!
Ilmu hukum dogmatis (tersusun secara sistematis) bertolak dari tata hukum yang sudah ada dalam bentuk undang-undang dan untuk mengerti, memahami, menerima dan menerangkan apa makna yang dimaksud atau terkandung dalam pasal atau ayat dalam suatu undang-undang itu diperlukan penafsiran (interpretasi) atau argumentasi hukum. Pada prinsipnya, undang-undang tidak boleh ditafsirkan bertentangan dengan undang-undang itu sendiri (contra legem), lebih-lebih kalau undang-undang itu sudah cukup jelas. Interpretasi diperlukan jika terdapat ketidakjelasan dari maksud yang terkandung dalam suatu undang-undang. Dalam hal ini, interpretasi terhadap undang-undang merupakan metode yang khas bagi ilmu pengetahuan hukum. Interpretasi atau penafsiran hukum adalah metode penemuan hukum (rechtsvinding) yang dilakukan untuk memberikan penjelasan dengan cara menafsirkan arti, makna atau maksud dari teks undang-undang agar ruang lingkup kaedah yang terkandung didalamnya dapat diterapkan kepada peristiwanya. Dengan memperoleh kejelasan ini, maka terjadi kesesuaian antara kaedah hukum yang umum dan abstrak pada undang-undang untuk dapat diterapkan pada perkara atau peristiwa yang bersifat khusus dan kongkrit. Dalam hal ini, hakim disamping masih terikat dengan bunyi teks yang terncantum dalam undang-undang juda dapat melakukan interpretasi hukum sebagai upaya untuk menjelaskan atau menegaskan mengenai maksud atau makna dari teks (kata-kata) maupun dalil-dalil (ketentuan-ketentuan) yang tercantum dalam Undang-undang yang telah ada, agar dapat diterapkan hukumnya terhadap suatu perkara yang terjadi sehingga dapat diputuskan.
Dalam konteks ini, Buku ini ingin memberikan konsep-konsep dalam melakukan argumentasi hukum, melalui uraian tentang dasar dalam melakukan argumentasi hukum, diantaranya; logika tradisional, batas justify deduksi, konstruksi hukum, konflik norma, penalaran induksi, dialektika/retorika dan legal reasoning/kiyasan; berikut langkah-langkah dalam penerapannya. Dengan cara demikian, dapat diperoleh pengertian, kejelasan dan pemahaman tentang apa makna yang dimaksud atau terkandung dalam pasal atau ayat dalam suatu undang-undang dengan benar dan baik.
5 dari 5 orang menilai ulasan ini membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Muhammad Ridwan Siregar, 16 September, 2017
5 dari 5 Bintang!
Buku ini sangat membantu sekali bagi saya untuk mengenali hukum secara lebih dalam. Pengarang juga memaparkan beberapa kasus yang membuat saya paham dalam mengkonstruksi fungsi hukum secara praktik.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Mauli samaria manurung, 09 September, 2017
5 dari 5 Bintang!
Buku yang bagus, dan mudan dimengerti
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Demy amelia a manalip, 24 October, 2015
5 dari 5 Bintang!
Sangat baik di baca untuk melatih kita
2 dari 2 orang menilai ulasan ini membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
FRENADIN ADEGUSTARA, 30 September, 2015
5 dari 5 Bintang!
Substansi buku sangat bermanfaat dalam menganalisis kasus hukum.
2 dari 2 orang menilai ulasan ini membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
  1   
2
   
»
 
Philipus M. Hadjon
Rp46.000