Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Ekonomi

Keadilan Distributif Dalam Ekonomi Islam: Penguatan Peran LKM dan UKM di Indonesia

Berat 0.49
Tahun 2009
Halaman 446
Ukuran 13.5x20.5 cm
Penerbit Rajawali Pers
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
7

Sinopsis

Reformasi kebijakan melalui restrukturisasi alokatif bagi penguatan peran Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dan Usaha Kecil Mikro (UKM) di Indonesia adalah langkah strategis bagi pemberdayaan ekonomi rakyat. Agar kebijakan tersebut menciptakan keadilan distibutif, is harus didasarkan pada people-contered, grassroots-based, yaitu rakyat diposisikan secara substansial bukan residual, bahkan marijinal. Kebijakan ini juga seharusnya didukung regulasi dan fasilitasi pemerintah yang memadai dalam upaya mempersiapkan grassroots yang responsip.

Kajian dalam buku ini memperkuat gagasan para pemikir sebelumnya, seperti M. Anas Zarqa (Distributive Justice and Need Fulfilment in an Islamic Economy {1988}), Yusuf Qardhawi (Daual-Qiyam wa al-Akhlaq fi al-Iqtishadi al-Islam {1995}), dan Umer Chapra (the Future of Economics {2001}) yang telah mengelaborasi konsep ekonomi Islam dalam konteks perwujudan keadilan dan kesejahteraan masyarakat atas dasar moral Islam.

Buku ini memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dan Usaha Kecil Mikro (UKM) di Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah normatif dan secara empiris melalui uji "laboratorium" LKMS-BMT dan UKM. Penulis juga melakukan analisis komparatif terhadap teori-teori ekonomi konvensional dan ekonomi Islam serta analisis isi (content analysis ) terhadap sejumlah kebijakan dan peraturan terkait dengan UKM dan LKM di Indonesia.

Sasaran pembaca: Para mahasiswa, para akademisi, peneliti, dan praktisi ekonomi Islam yang bergerak dalam empowerment masyarakat menuju kemadirian ekonomi (self-empowerment).

"Buku ini semakin menguatkan pendapat dan pandangan bahwa ekonomi islam sejalan dengan ekonomi kerakyatan. Melalui buku ini para pengambilkebijakan diharapkan dapat mempertimbangkan data dan fakta yang ada sehingga kesejahteraan rakyat Indonesia akan terwujud dalam tempo yang tidak terlalu lama." (Prof. Dr. Fathurrahman Djamil, M.A--Guru Besar Fak. Syariah dan Hukum UIN Syahid).

"Ditengah terjadinya krisis ekonomi global yang ditandai dengan ambruknya sistem kapitalisme, buku ini memberikan banyak inspirasi dalam hal penguatan peran lembaga keuangan syariah untuk bergerak ke sektor usaha kecil mikro yang terbukti tahan terhadap gejolak ekonomi sehingga meningkatkan kemandirian ekonomi rakyat dan fundamental ekonomi Indonesia menjadi akut." (A. Riawan Amin ketua ASBISINDO)
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Daftar Isi

Bab I Pendahuluan

Bab II Kebijakan Usaha Kecil Mikro (UKM) dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Indonesia
    A. Definisi Kebijakan dan Kelembagaan
    B. Pengertian Reformasi
    C. Pengertian dan Jenis-Jenis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
    D. Definisi dan Struktur Lembaga Keuangan Mikro
 &nbs
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Gatot SasongkoGatot Sasongko, 04 May, 2012
Rating: 4 dari 5 Bintang!
Sebagai buku pegangan untuk mahasiswa staf pengajar sangat bagus, terlebih bagi saya kebetulan adalah non muslim. Sebagai pengajar yang juga bergelus di bidang perbankan, membaca Buku Keadilan Distributif sangat membantu memahami konsep lembaga keuangan menurut Islam.
Buku tersebut sangat membantu karena saat ini saya sedang membimbing mahasiswa yang sedang menulis tentang praktek keuangan lembaga keuangan Islam (BMT).
Namnun kiranya perlu disajikan dengan sandingan hasil penelitian antara praktek lembaga keuangan dalam konsep Islam dan yang umum atau yang biasa terjadi, sehingga lebih operasional, buka hanya pada aras abstrak.
Setelah buku saya baca, saya bagikan ke orang lain, jadinya saya sekarang tidak lagi punya buku tersebut.
Salam hormat untuk Ibu Euis Amalia.
Dr. Gatot Sasongko, SE, MS
Staf Pengajar FEB Universitas Kristen Satya Wacana.
2 dari 2 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)