Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bahasa & Kamus    Bahasa

Wacana Digital (Digital Discourse): Bahasa Media Baru

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.50
Tahun 2019
Halaman 390
ISBN 9786232181182
Penerbit Prenada Media Group
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp102.600 Rp114.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Perubahan linguistik terbaru adalah produk dari sekumpulan perubahan sosial. Perubahan pertama yaitu meningkatnya informalitas sosial; kedua, bangkitnya budaya anak muda dan kecenderungan orang dewasa meniru pola perilaku tersebut; dan ketiga, multikulturalisme. Menggabungkan perubahan ekspektasi kontemporer terhadap penulisan luring dengan perilaku sosial saat ini, hasilnya yaitu lingkungan sosiolinguistik di mana penggunanya merasa memiliki cukup keleluasaan dalam menggunakan bahasa. Bahwa perilaku ketidakpedulian pada kaidah linguistik tradisional muncul dalam surel, pesan instan, pesan teks, dan sejenisnya, tidak dapat disalahkan sepenuhnya pada media. Sebaliknya, kita menggunakan peralatan elektronik untuk menerapkan pola bahasa yang telah ada.

Ketika membahas tentang penggunaan bahasa dengan teknologi baru, hubungan antara fenomena di permukaan dengan akar penyebabnya kemungkinan tidak terlihat jelas. Crispin Thurlow dan Kristine Mroczek menawarkan sebuah koleksi studi yang menarik—dan akurat dalam metodologi—mengenai pertemuan antara media baru dan aspek sosial bahasa. Penelitian ini mengizinkan kita untuk berbicara tentang kemungkinan perubahan dalam penggunaan bahasa yang diakibatkan oleh media baru. Terlebih lagi, Wacana Digital membahas “wacana” dalam konteks yang luas, tidak hanya tentang antisipasi biaya pada pesan teks, blog, situs jejaring sosial, atau permainan daring, tetapi juga konteks sosial lainnya yang memerlukan pertukaran ide atau informasi, seperti pariwisata atau pertunjukan.

Thurlow dan Mroczek menghasilkan sebuah koleksi yang tepat, yang didasarkan pada penelitian sebelumnya, juga kaya secara teoretis tetapi sangat mudah dibaca. Meskipun memprediksi masa depan merupakan sesuatu yang riskan, patut diyakini bahwa Wacana Digital termasuk dalam deretan bacaan kunci dari suara-suara tepercaya terkait komunikasi di dunia digital.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)