belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
Pesanan
 Troli
Buku    Pertanian & Lingkungan Hidup    Pertanian

Upsus Pajale, Upaya Khusus (UPSUS) Peningkatan Produksi Komoditas Padi, Jagung, Dan Kedelai (PAJALE)

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.42 kg
Tahun 2019
Halaman 320
ISBN 9786237267195
Penerbit Andi
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp138.600
Harga Normal:Rp154.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia paling utama. Namun kecukupan pangan dari produksi dalam negeri hampir belum pernah tercapai secara meyakinkan. Sebagai upaya mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan, Kementrian Pertanian menjabarkan melalui kebijakan pembangunan pertanian dalam program "Swasembada Padi, Jagung, dan Kedelai" dan menggandeng perguruan tinggi mitra antara lain UGM untuk menerjunkan dosen dan alumni/mahasiswa selama 6 bulan (2015) atau 3 bulan (2016 dan 2017) di Jawa Tengah dan DIY.

Kegiatan pendampingan mahasiswa dalam Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedelai (UPSUS PAJALE) adalah salah satu kegiatan Kementrian Pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan tersebut. Salah satu kegiatan UPSUS PAJALE di lapangan adalah kegiatan pengujian teknologi berupa penerapan lapangan teknologi budi daya tanaman padi, jagung, dan kedelai, maupun teknologi pendukungnya, yang memiliki keunggulan tertentu dan belum pernah dilaksanakan di kawasan/lokasi UPSUS PAJALE atau apabila teknologi serupa pernah ada maka terdapat pembeda untuk lebih meningkatkan keuntungan atau pun bisa lebih mudah dan cepat diadopsi masyarakat sekitar.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut UGM telah melakukan kegiatan demplot (demonstrasi plot) Uji Teknologi UGM dengan lebih 100 demplot di Jawa Tengah dan 20 demplot di DIY (2015-2017). Semua demplot telah berjalan dengan kegiatan SLPHT dan sebagian besar demplot menunjukkan hasl panen yang sangat memuaskan. Aplikasi teknologi UGM tersebut akhirnya dibukukan di buku ini sehingga bisa menjadi bahan pembelajaran dan referensi bagi masyarakat yang lebih luas.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)