Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pendidikan & Keguruan    Pendidikan

The Economics of Education: Mengelola Pendidikan Secara Profesional untuk Meraih Mutu dengan Pendekatan Bisnis

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.80
Tahun 2014
Halaman 600
ISBN 9786020307008
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
   Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Sinopsis

Pendidikan sebagai unit ekonomi atau unit bisnis lebih mengedepankan kebutuhan pasar, sehingga setiap peserta didik yang setelah menyelesaikan pendidikan mampu berkompetisi dalam memasuki dunia kerja. Demikian pula peserta didik yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan tertentu, tentu akan berhadapan dengan kompetisi yang semakin ketat mengingat keterbatasan daya serap lembaga pendidikan.

Untuk melahirkan hasil pendidikan bermutu, diperlukan investasi yang sangat besar. Sementara itu untuk memperoleh dana yang besar untuk menjadikan pendidikan bermutu tidak semudah yang dibayangkan. Ketika lembaga pendidikan memperolehnya dari lembaga keuangan, sudah dapat dipastikan biayanya cukup besar. Dari sisi ini sudah dapat dipastikan akan berdampak pada biaya pendidikan yang tinggi, dan di sisi lain lembaga pendidikan pun perlu menyediakan tenaga kependidikan (guru/dosen) yang profesional dan bermutu yang juga menambah biaya investasi.

Berkaitan dengan judul buku ini The Economics of Education, pendidikan sebagai unit ekonomi-bisnis perlu dikelola secara profesional. Guru/dosen yang andal dapat menarik peserta didik yang bermutu dan mampu berkompetisi di era globalisasi. Karena itu, ada dua pengamatan dasar dalam mengungkap manfaat pendidikan: Pertama, orang yang memiliki pendidikan lebih biasanya berbeda dengan orang yang berpendidikan kurang. Kedua, dampak atau manfaat pendidikan tergantung pada sejauh mana pendidikan mampu memperkecil perbedaan itu.

Khusus bagi lembaga pendidikan yang tidak berorientasi pada mutu, pada masanya tentu akan ditinggalkan oleh masyarakat. Karena itu sangat penting untuk mengelola pendidikan dengan kreatif dan mampu menciptakan inovasi baru, sebab pada akhirnya masyarakat tidak sekadar mengejar gelar, tetapi lebih mengutamakan mutu. Di sinilah pentingnya pengelolaan lembaga pendidikan dengan prinsip bisnis, agar keberlangsungan lembaga tersebut terjamin.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)