Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Ilmu Hukum

Teori Hukum dari Perspektif Kebijakan, Perbandingan dan Harmonisasi Hukum Pidana

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.55
ISBN 9786021568224
Penerbit Referensi
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp108.000 Rp120.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Buku inimengulas tentang teori hukum secara umum, dimana teori hukum sendiri tidak identik dengan ilmu hukum dan ilmu hukum itu sendiri adalah teori dari hukum positif (undang-undang). Oleh karena itu, teori hukum dituntut harus dapat dijadikan fondasi di dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul saat ini terkait dengan undang-undang yang berlaku (ius constituendum). Kebijakan di dalam pembaharuan hukum pidana harus dapat di prediksi tidak hanya sekedar mengisi kekosongan tetapi juga dapat mengkomodir berbagai kebutuhan tentang hukum. Dengan demikian pembaharuan hukum pidana itu diharapkan dapat bertahan lama dan sesuai dengan perkembangan zaman serta dapat berjalanseiring secara harmonis antara undang-undang yang satu dengan yang lainnya, sehingga tidak ambiguistik atau terjadi duplikasi dan tumpang tindih dalam tataran implementasinya (ius operatum).

Berpijak kepada hal itu, maka pembuat undang-undang tidak saja dituntut harus memiliki kemampuan sebagai legal drafter, tetapi juga dituntut harus memiliki wawasan yang luas tentang ilmu hukum, termasuk dalam hal teori hukum dan filsafat hukum, begitu juga para praktisi hukum yang tidak saja dituntut memiliki profesionalitas dan proporsionalitas, tetapi juga memiliki itegritas dengan tetap memperhatikan eika hukum dan etika profesi hukum, agar bijak atau arif di dalam menyampaikan  berbagai informasi tentang persoalan hukum kepada stake holder atau pencari keadilan.

selain mengkaji tentang berbagai teori hukum, buku ini juga mengulas tentang rancangan Undang-Undang Hukum Pidana di Indonesia serta beberapa isu hukum yang lain yang mengemuka belakangana ini. Persoalan Rancangan Undang-Undang Hukum Pidana ini, baik pidana materil maupun pidana formil, sudah beberapa dekade ini belum tuntas juga pembahasannya karena adanya tarik menarik kepentingan. tarik menarik kepentingan ini dapat dipahami dan sah-sah saja mengingat Undang-Undang sebagai produk legislasi memang adalah produk politik dan merupakan kebijakan politik kolektif. Sebagai produk politik dan kebijakan politik kolektif pasti tidak terlepas dari berbagai muatan kepentingan kelompok-kelompok yang berada dalam lembaga legislatif tersebut mutatus mutandis kelompok tersebut terlibat di dalam penyusunan dan pembahasannya. Namun demikian, tarik menarik kepentingan dimaksud tetap berada dalam koridor hukum serta bermuara kepada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Pergeseran Hukum Pidana
Indriyanto Seno Adji
Rp54.000 Rp60.000
Teori-teori Besar (Grand Theory) Dalam Hukum
Munir Fuady
Rp76.500 Rp85.000
Hukum dan Hukum Pidana
Sudarto
Rp54.000 Rp60.000
Manajemen Pendidikan Indonesia
Made Pidarta
Rp54.000 Rp60.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)