Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Studi Hadis: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi

Berat 0.35
Tahun 2019
Halaman 204
ISBN 9786024256548
Penerbit Rajawali Pers
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp71.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Sosiolinguistik: Perkenalan Awal (Edisi Revisi)
Abdul Chaer
Rp65.000
Metode Konstruksi Gedung Bertingkat
Asiyanto
Rp45.000
The Pronunciation of English
Daniel Jones
Rp25.000
Metode Penelitian
Moh. Nazir
Rp121.000
Lainnya+   

Sinopsis

Konstruksi atau struktur bangunan keilmuan selalu mempunyai tiga persoalan pokok, yakni apa yang ingin diketahui; bagaimana cara mendapatkan pengetahuan tersebut; dan apa nilai kegunaannya? Persoalan pertama menjadi basis ontologis; persoalan kedua menjadi basis epistemologis; dan persoalan ketiga menjadi ranah aksiologi.

Ilmu hadis sebagai sebuah disiplin ilmu, juga memiliki tiga persoalan pokok, yakni apa yang ingin diketahui dari ilmu hadis; bagaimana cara mendapatkan pengetahuan tersebut; dan apa nilai kegunaannya? Persoalan pertama menjadi ranah ontologis ilmu hadis; persoalan kedua menjadi ranah epistemologis ilmu hadis; dan persoalan ketiga menjadi ranah aksiologi ilmu hadis.

Ketiga persoalan tersebut menjadi objek kajian dalam buku ini, sehinggakonstruksikeilmuanhadisbenar-benardapatdipertanggungjawabkansecarafilosofis. Pada sisi ontologis misalnya, membahas tentang pengertian hadis dan sunnah; perbedaan pandangan ulama tentang hadis dan sunnah, hubungan hadis Nabi dan hadis Qudsi. Pada sisi epistemologis mengkaji tentang otoritas Nabi Muhammad saw., unsur-unsur hadis, hadis dari segi kualitas dan kuantitas, serta kehujjahan hadis; pada ranah aksiologi membahas tentang hadis Nabi sebagai sumber hukum, inkar al-Sunnah,dan fungsi hadis terhadap al-Qur’an.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)