belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Sosial & Politik    Sosial

Sosiologi Pembangunan

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.35 kg
Tahun 2016
Halaman 329
ISBN 9789790765962
Penerbit Pustaka Setia
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp43.200
Harga Normal:Rp48.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Ilmu atau pengetahuan sosiologi sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, misalnya untuk memberikan data-data sosial yang diperlukan pada tahapan perencanaan, pencarian, penerapan dan penilaian proses pembangunan. Pada tahap perencanaan, hasil penelitian sosiologi dapat digunakan sebagai bahan pada tahap evaluasi. Adapun pada tahap penerapan, ilmu sosiologi dapat digunakan sebagai identifikasi terhadap kekuatan sosial yang ada di dalam masyarakat. Dengan mengetahui kekuatan sosial tersebut, kita dapat mengetahui unsur-unsur yang dapat melancarkan pembangunan dan yang menghalangi pembangunan.
Hingga saat ini, konsep pembangunan telah menjadi ideologi yang menggambarkan kegiatan-kegiatan dalam upaya mengejar pertumbuhan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembangunan sangat berhubungan dengan soiologi pembangunan. berperilaku sederhana, mudah curiga, menjunjung tinggi kekeluargaan, lugas, tertutup dalam hal keuangan, menghargai orang lain, jika diberi janji akan selalu diingat, suka bergotong royong, demokratis, religius, dan lainnya.
Pembangunan dalam sosiologi adalah cara menggerakkan masyarakat untuk mendukung pembangunan, sedangkan masyarakat merupakan tenaga pembangunan dan dampak pembangunan. Dengan kata lain, masyarakat adalah subjek sekaligus objek dalam pembangunan. Mengapa? Sebab, pembangunan pada hakikatnya merupakan usaha meningkatkan taraf hidup masyarakat ke tingkat yang lebih baik, lebih sejahtera, lebih tenteram, serta lebih menjamin kelangsungan hidup di hari depan. Dalam konteks ke-Indonesia-an, harapan tersebut diwujudkan dengan kata adil dan makmur. Dalam konteks ini, tentu saja setiap pembangunan menghendaki adanya perubahan dan perubahan merupakan proses dan usaha yang diarahkan dengan maksud mencapai tujuan-tujuan di atas. Dengan demikian, proses atau usaha pembangunan memiliki arti humanisasi, yaitu memanusiakan manusia atau masyarakat (Arbi Sanit).
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Kebijakan Publik & Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah
Arifin Tahir
Rp32.400 Rp36.000
Membangun Kinerja Pelayanan Publik: Menuju Clean Government and Good Governance
Zaenal Mukarom
Rp40.500 Rp45.000
Budaya Organisasi
Taliziduhu Ndraha
Rp36.000 Rp40.000
Etika Administrasi Negara
Wahyudi Kumorotomo
Rp87.300 Rp97.000
Sistem Politik Indonesia: Kestabilan, Peta Kekuatan Politik dan Pembangunan
Arbi Sanit
Rp28.800 Rp32.000
(Kembali Ke Atas)