Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Ilmu Hukum

Sistem Hukum: Perspektif Ilmu Sosial (The Legal System: A Social Science Perspective)

Berat 0.50
Tahun 2009
Halaman 448
Penerbit Nusamedia
   Buku Sejenis
 
Persediaan Habis
Persediaan Buku sedang habis. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat persediaan sudah ada?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Ilmu Hukum
Satjipto Rahardjo
Rp50.850 Rp56.500
Refleksi Tentang Hukum: Pengertian-Pengertian Dasar dalam Teori Hukum
J.J.H. Bruggink
Rp54.450 Rp60.500
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum
Soerjono Soekanto
Rp27.900 Rp31.000
Teori Keadilan: Dasar-Dasar Filsafat Politik untuk Mewujudkan Kesejahteraan Sosial dalam Negara
John Rawls
Rp121.500 Rp135.000
Lainnya+   

Sinopsis

Ada banyak sekali buku pengantar yang membahas hakikat, praktik, atau sejarah hukum. Sebagian buku ini membahas hukum yang ada di sebuah negara saja; yang lainnya mengklaim mempunyai cakupan pembahasan yang lebih luas. Lazim kiranya jika yang menulis buku-buku ini kebanyakan adalah para pengacara. Walhasil, buku-buku demikian mencerminkan sudut pandang pengacara. Tentu saja ada berbagai cara untuk membahashukum. Pengacara memandang hukum terutama dari sisi dalam. Ia menilai hukum menurut istilah-istilah hukum itu sendiri; ia mempelajari tolok ukur tertentu untuk mengukur praktik dan peraturan-peraturan hukum. Atau ia menulis mengenai berbagai persoalan praktis; bagaimana cara menggunakan hukum, bagaimana memanfaatkannya. Itulah sebabnya mengapa hukum dalam dunia modern dipandang sebagai pokok bahasan yang luar biasa teknis dan membuat orang segan; hukum cenderung membuat pihak luar lari ketakutan.

Buku ini, Sistem Hukum: Perspektif Ilmu Sosial, tergolong dalam kategori yang berbeda. Buku ini memandang hukum dari sisi luarnya. Buku ini mencoba membahas sistem hukum dari sudut pandang ilmu sosial. Dari satu segi, buku ini akan berusaha menjawab pertanyaan: Apa yang bisa dikatakan oleh ilmu sosial mengenai hukum? Pada pokoknya, buku ini memandang bahwa hukum hanyalah satu dari berbagai sistem sosial yang ada di masyarakat yang memberikan arti dan efek pada hukum itu. Buku ini akan mengutarakan beberapa istilah dan konsep untuk mengembangkan sudut pandang tersebut dan akan menjelaskan sistem hukum menurut ketentuan behavioral. Buku ini juga akan membahas beberapa persoalan perilaku hukum dengan bersumber dari penelitian empiris atas proses hukum.

Buku ini bisa menambah pemahaman kita dalam studi sosial hukum. Perlu dikaji, bukan saja oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum (S1, S2, S3), tetapi juga oleh dosen dan mahasiswa Fisipol, dan mahasiswa ilmu-ilmu sosial pada umumnya. Teks ini mengambil sumbernya dari berbagai studi mengenai sistem-sistem hukum yang ada pada berbagai zaman. Eksperimen atau studi yang digunakan bisa berupa perbandinga lintas tempat, lintas waktu atau kedua-duanya.

(Kembali Ke Atas)

Ulasan

I Wayan Agus VijayanteraI Wayan Agus Vijayantera, 06 September, 2018
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Buku ini sangat dibutuhkan mengingat buku ini merupakan terjemahan dari penulis yang terkenal dengan pemikirannya terhadap sistem hukum baik dari segi struktur, substansi, dan kulturnya. Terjemahan buku ini sangat membantu untuk memahami secara langsung maksud dari penulis buku ini dengan isi dari teori legal system.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Muhammad Ridwan SiregarMuhammad Ridwan Siregar, 16 September, 2017
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Buku yang saya cari-cari. Pemikiran Lawrence M. Friedman dalam buku ini mengalir, sehingga dapat mudah dipahami.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
norman yudha gunarsanorman yudha gunarsa, 06 August, 2015
Rating: 4 dari 5 Bintang!
ajib bukunya ada di belbuk di yg lain susah
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Tambahkan Ulasan
3 dari 4 ulasan.  
Ulasan Lainnya »
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)