Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Hukum Umum

Reformasi Mahkamah Agung: Menuju Independensi Kekuasaan Kehakiman

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.55
Tahun 2008
Halaman 320
ISBN 9789795933564
Penerbit Kesaint Blanc
   Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Sinopsis

Selama, manusia masih mencari keadilan, selama itu juga pembicaraan tentang independensi hakim selalu aktual. Tidak ada catatan pasti kapan kedudukan hakim dikaitkan dengan independensi, tetapi dalam banyak kebudayaan, independensi dianggap sudah menyatu dalam kedudukan hakim. Independensi dalam kebudayaan-kebudayaan lama adalah kata lain dari kebijaksanaan. Bukan suatu kebetulan jika Athena, sang Dewi Kebikjasaan Yunani. Bukan pula suatu kebetulan jika Raja Salomo, lebih dikenal sebagai hakim yang bijaksana sekaligus pemimpin masyarakat.

Tidak mudah menguraikan pengertian independensi. Sama peliknya seperti merumuskan jawaban yang tepat atas pertanyaan: ''apakah keadilan itu?'' Karena keadilan, menurut Lord Denning, adalah bagian dari jiwa manusia. Dapat dirasakan, tetapi sulit diterjemahkan. Lebih mudah menguraikan tentang ketidakadilan, kata Jhon Rawis, dari pada mencari makna keadilan. Lebih mudah menyebut nama seorang hakim sebagai ''tidak independen'' dari pada mencari jawaban atas pertanyaan ''apakah independansi itu?''

Sejarah menunjukan, independensi lembaga yudikatif Indonesia mengalami pasang surut hubungan dengan legislatif dan eksekutif. Independensi dan lembaga Mahkamah Agung juga mengalami reformasi seiring reformasi politik.

 Buku ini membantu memahami reformasiMahkamah Agung dan sistem peradilan Indonesi. Konvensi-konvensi internasional yang terkait serta contoh peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Mahkamah Agung Republik Indonesia, dan memberikan ''pencerahan'' kepada siapa saja yang ingin mengenal dunia peradilan umumnya dan Mhkamah Agung Republik Indonesia pada khususnya.

(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
(Kembali Ke Atas)