Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Teknik & Ilmu Pengetahuan    Statistik & Penelitian

Qualitative Research Method: Theory and Practice

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.79
Tahun 2011
Halaman 246
ISBN 9789790612259
Penerbit Salemba Empat
Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp106.110 Rp117.900
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Banyak orang berpikir bahwa penelitian kualitatif merupakan bidang yang kompleks dan rumit. Dalam lingkungan akademis, sering dikatakan bahwa penelitian kualitatif merupakan hal yang penting, tetapi tidak selalu diperlakukan dengan sesuai dalam praktik akademis sehari-hari. Dalam proses mengajar, metodologi  merupakan suatu praktik wajib. Biasanya, hal tersebut terdiri dari belajar untuk mengadopsi beberapa pendekatan umum ketika melakukan penelitian dan bagaimana menyusun desain penelitian (sering mengarah pada survei). Hal ini biasanya mengarah pada pengumpulan data skala sederhana dan—ketika kesempatan muncul—analisis data dengan bantuan beberapa statistik. Tidak banyak mahasiswa yang tertarik untuk melakukan penelitian kualitatif karena adanya persepsi bahwapenelitian kualitatif lebih sulit untuk dilakukan, menuntut lebih banyak waktu, sertasulitnya meyakinkan pembaca tentang subjektivitas dan validitas data. Bukuini mencoba untuk membuktikan bahwa pendapat-pendapat tersebut salah denganmemberikan pengetahuan secara menyeluruh tentang bagaimana melakukanstudi kualitatif yang dapat diandalkan.

 

FITUR-FITUR BUKU

    Ditulis menggunakan bahasa Inggris, buku ini dapat digunakan sebagai buku ajar di perguruan-perguruan tinggi yang menggunakan pengantar berbahasa Inggris.
    Dilengkapi dengan Lampiran berupa contoh laporan studi kasus.

 

SASARAN PEMBACA

    Penerbitan buku ini memiliki tujuan yang sangat spesifik dan jelas, yaitu berfokus pada kebutuhan beragam pembaca yang mencakup mahasiswa, peneliti, dan dosen Metode Penelitian Kualitatif.
    Buku ini tidak hanya memiliki pertimbangan teoretis, tetapi juga sangat praktis. Untuk mahasiswa yang mempelajari metode penelitian kualitatif, buku ini memberikan kerangka penulisan penelitian kualitatif dan berbagai pengalaman terkait wawancara, focus group discussion (FGD), dan berbagai level aspek penulisan. Dengan demikian, mahasiswa dapat mempelajari tentang penulisan kerangka penelitian kualitatif.
    Bagi para peneliti berpengalaman serta dosen Metode Penelitian kualitatif, buku ini mendorong untuk belajar, mengeksplorasi, dan menciptakan aspek-aspek terkait proses penelitian kualitatif. Dengan demikian, para peneliti dan dosen dapat mengasah dan memperdalam keterampilan penulisan penelitian kualitatif yang telah mereka miliki.

 

TENTANG PENULIS

Sari Wahyuni menyelesaikan pendidikan S-1 di Universitas Gadjah Mada serta meraih gelar M.Sc. dan Ph.D. dari University of Groningen, Belanda. Kariernya dimulai sejak mengajar di University of Groningen dan menjadi Associate Professor di  Nottingham University, Malaysia Campus, dan pada 2006 bergabung dengan Universitas Indonesia. Saat ini merupakan dosen senior di Fakultas Ekonomi Universita Indonesia.

Minatnya terhadap penelitian kualitatif dimulai ketika ia menyelesaikan gelar Ph.D. Kemudian, ia mengembangkan program penelitian kualitatif untuk mahasiswa S-2 dan Doktor di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Menjadi terlibat aktif dalam penelitian, ia pernah memimpin berbagai Proyek Penelitian Internasional seperti studi banding Batam, Bintan, dan Karimun (sebuah proyek bersama antara Universitas Indonesia dan National University of Singapore), pembuatan tolok ukur zona ekonomi khusus antara Indonesia, Thailand, Malaysia, dan China (kerja sama dengan Kementerian Perdagangan Indonesia), serta masih banyak lainnya. Sejak 2003, ia tercatat sebagai Profesor Tamu tahunan di University of Groningen untuk program Pengembangan Sumber Daya Lokal Ekonomi (Local Economic Resource Development—LERD). Selain itu, ia juga menjadi pendiri dan Editor in Chief South East Asian Journal of Management.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

Chapter 1 What is Qualitative Research
Chapter 2 Type and Technique of Qualitative Research
Chapter 3 Measurement in Qualitative Research
Chapter 4 Interview
Chapter 5 Focus Group Discussion
Chapter 6 How to Write a Good Proposal?
Chapter 7 How to Draw Good Analysis?
Chapter 8 Example of Case Study Report
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Delik-Delik Khusus: Kejahatan Jabatan dan Kejahatan Jabatan Tertentu sebagai Tindak Pidana Korupsi (Edisi 2)
P.A.F. Lamintang
Rp136.800 Rp152.000
Pengantar Ilmu Pariwisata
I. Gde Pitama
Rp76.950 Rp85.500
Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data
Emzir
Rp81.000 Rp90.000
Metode Penelitian
Moh. Nazir
Rp108.900 Rp121.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)