Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pendidikan & Keguruan    Keguruan

PTK, PTS, dan PTBK: Buku Wajib bagi Guru

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.42
Tahun 2019
Halaman 320
ISBN 9786230100543
Penerbit Andi
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp89.100 Rp99.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Secara konseptual PTK (Penelitian Tindakan Kelas), PTS (Penelitian Tindakan Sekolah), dan PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling) adalah sama. Tekanan perbedaannya terletak pada pelaku/peneliti dan setting penelitiannya.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), atau “Classroom Action Research” (CAR), mempunyai tujuan yaitu untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas praktik pembelajaran di kelas secara berkesinambungan, untuk selanjutnya meningkatkan mutu hasil pembelajaran (intruksional), mengembangkan ketrampilan guru, meningkatkan relevansi, meningkatkan efesiensi pengelolaan pembelajaran, serta menumbuhkembangkan budaya meneliti pada komunitas guru. .
PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) atau “School Action Research” (SAR) adalah bentuk kegiatan refleksi diri yang dilakukan oleh para pelaku pendidikan (Pengawas Sekolah dan atau Kepala Sekolah) dalam situasi kependidikan untuk memperbaiki rasionalitas dan keadilan tentang (a) praktik-praktik kependidikan mereka, (b) pemahaman mereka tentang praktik-praktik tersebut, dan (c) situasi dimana praktik praktik tersebut dilaksanakan. .
PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling) atau “Guidance & Counseling Action Research”, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru BK atau Konselor di sekolah atau ruang BK tempat ia bertugas dengan tekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praksis konseling. Untuk memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas praktik konseling secara berkesinambungan sehingga meningkatkan mutu hasil konseling, mengembangkan keterampilan konselor, meningkatkan relevansi, meningkatkan efiseinsi pengelolaan konseling serta menumbuhkan bu¬daya meneliti pada komunitas konselor. .
Penelitian Tindakan (Action Research), diperkenalkan pada tahun 1946 oleh ahli psikologi sosial Amerika yang bernama Kurt Lewin. Inti gagasan Kurt Lewin inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh ahli-ahli lain seperti Stephen Kemmis, Robin MC.Taggart, John Elliot, Dave Ebbutt, dan lainnya. .
Di dalam bidang pendidikan, penelitian ini dapat dilakukan pada skala makro ataupun mikro. Dalam skalo mikro misalnya dilakukan di dalam kelas (PTK) dan di ruang BK (PTBK). Pada skala makro misalnya kegiatan PTS. .
Buku ini patut dimiliki oleh guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah untuk meningkatkan profesionalitasnya. Buku ini berisi panduan teori dan praktik tentang bagaimana menyiapkan, melaksanakan, dan melaporkan hasil PTK, PTS, dan PTBK.
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Manajemen Keuangan Internasional (Edisi 5)
Hamdy Hady
Rp103.500 Rp115.000
Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills)
Helmawati
Rp88.200 Rp98.000
Pendidikan Literasi: Membangun Budaya Belajar, Profesionalisme Pendidik, dan Budaya Kewirausahaan
Sarwiji Suwandi
Rp74.700 Rp83.000
Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat
Cecep Kustandi
Rp72.000 Rp80.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)