belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
 TroliKeinginan
Buku    Bahasa & Kamus    Bahasa

Psikologi Sastra: Karya Sasra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus

Berat 0.31 kg
Tahun 2010
Halaman 335
ISBN 9789794617595
Penerbit Yayasan Obor Indonesia
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp117.000
Harga Normal:Rp130.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Sebuah karya sastra merupakan kisahan yang senantiasa bergumul dengan para tokoh fiksional yang diciptakan oleh si pengarang. Agar ceritera lebih menarik, si pengarang kerap kali menampilkan perilaku para tokoh dengan kepribadian yang tidak lazim, aneh, atau abnormal, sehingga menimbulkan berbagai perasaan bagi para pembaca. Tidak jarang para pembaca bertanya-tanya, mengapa si tokoh berperilaku demikian, apa yang terjadi pada dirinya, apa penyebabnya, dan apa pula akibat dari semua ini. Bahwasanya masalah perilaku mungkin saja terkait dengan masalah kejiwaan, maka kisahan semacam ini dapat merupakan masalah psikologis.

Oleh karena itu, dalam buku yang merupakan hasil penelitian tentang karya-karya sastra Inggris dan Amerika yang bermutu ini, penulis menampilkan beberapa kasus para tokoh fiksional yang mencerminkan konsep-konsep yang terdapat dalam Psikologi Sastra. Para tokoh dimaksud terdapat dalam karya-karya sastra Inggris dan Amerika ciptaan Nathaniel Hawthorne, Eugene O'Neil, Theodore Dreiser, dan D.H. Lawrence. dalam buku ini dibahas pula para tokoh yang mencerminkan beberapa konsep yang terdapat dalam Psikologi Sastra, misalnya konsep-konsep: Oedipus Complex, Electra Complex, Naluri Kematian, rasa Bersalah, Agresivitas, Halusinasi, Konflik Batin, rasa Malu, dan sebagainya. Selain itu, dibahas pula pencerminan Teori Kebutuhan Bertingkat dari Abraham Maslow yang mencakup kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa memiliki dan dicintai, rasa harga diri, dan aktualisasi diri.

Selama ini telaah karya sastra melalui pendekatan Psikologi Sastra sering diperdebatkan karena kerap kali hakikat sastra menjadi hilang, telaah sastra seakan-akan menjadi telaah Psikologi. Oleh karena itu, agar telaah sastra psikologis tidak meninggalkan hakikat analisis suatu karya sastra, maka pencerminan berbagai konsep psikologi di atas perlu disampaikan melalui metode perwatakan yang biasa digunakan dalam telaah sastra. Metode-metode tersebut misalnya, telling (langsung), showing (tidak langsung), gaya bahasa bahasa (figurative language): simile, matafor, personifikasi, , dan sudut pandang (point of view).

Pembahasan dalam buku ini dapat dijadikan bahan acuan bagi para peneliti, karena paparannya cukup jelas dan terperinci, sehingga buku ini akan bermanfaat bagi para peneliti yang berminat menganalisis suatu karya sastra dalam bahasa apapun.
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Hesti Karmila, 11 September, 2017Rating: 5 dari 5 Bintang!
Menurut saya buku ini sangat bagus karena memberikan penjabaran tentang analisis karya sastra berdasarkan aspek psikologi didalam karya tersebut dan dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa atau dosen. Buku ini melihat sudut pandang, tema, tokoh, perwatakan, metafor dan simbol dengan melakukan banyak pengulangan dalam tahapan bahasannya.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
salma, 08 March, 2016Rating: 5 dari 5 Bintang!
sangat bagus teori teori didalamnya..terima kasih belbuk
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Misbah Priagung Nursalim, 18 April, 2013Rating: 4 dari 5 Bintang!
Buku ini materinya sangat lengkap, tidak hanya mengupas tentang toeri namun juga diselipkan contoh penelaahannya. sangat bagus untuk referensi penelitian. rugi kalau tidak membacanya.
1 dari 1 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Tambahkan Ulasan
3 dari 5 ulasan.  
Ulasan Lainnya »
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Sosiologi Sastra
Robert Escarpit
Rp54.000 Rp60.000
Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme: Perspektif Wacana Naratif
Nyoman Kutha Ratna
Rp76.500 Rp85.000
Teori Pengkajian Fiksi
Burhan Nurgiyantoro
Rp99.000 Rp110.000
Pengantar Sosiologi Sastra: Dari Strukturalisme Genetik sampai Post-modernisme
Faruk
Rp45.000 Rp50.000
Teori Apresiasi Sastra
Sugihastuti
Rp36.000 Rp40.000
(Kembali Ke Atas)