Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Hukum Umum

Perkembangan Hukum Jaminan di Indonesia

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.39
Tahun 2008
Halaman 368
Ukuran 13.5 X 20.5
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp88.200 Rp98.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Perkembangan hukum jaminan di Indonesia dimulai sejak masa pemerintahan Belanda, Jepang, dari zaman Kemerdekaan sampai dengan era Reformasi saat ini. Sejak itu sudah banyak hukum tentang jaminan yang telah disahkan menjadi undang-undang. Sejak masa Kemerdekaan sampai era Reformasi, ketentuan hukum yang mengatur jaminan adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria. Dalam ketentuan ini juga merujuk pada berbagai peraturan perundang-undangan lainnya. Sedangkan pada era Reformasi, telah dikeluarkan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia.

Walaupun sejak zaman Kemerdekaan sampai era Reformasi saat ini pemerintah telah banyak menetapkan undang-undang yang berkaitan dengan jaminan, tapi sistem hukum kita masih memberlakukan ketentuan-ketentuan hukum yang tercantum dalam Buku II KUH Perdata, seperti yang berkaitan dengan gadai (pand) dan hipotik, terutama yang berkaitan dengan pembebanan atas hipotik kapal laut yang beratnya 20 m3 dan pesawat udara. Sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan hak atas tanah berlaku ketentuan hukum yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan.

Buku ini dapat dikatakan sebagai salah satu buku tentang hukum jaminan di Indonesia yang komprehensif karena pembahasannya mencakup seluruh macam jaminan yang berlaku di Indonesia. Pembahasannya mulai dari soal pengertian dan konsep teoretis tentang jaminan hukum, penggolongan jaminan, gadai, fidusia, hak tanggungan, hipotik kapal laut, jaminan perorangan, serta tentang pelelangan benda jaminan.

Buku ini dilengkapi dengan berbagai contoh akta, seperti akta hak tanggungan, kuasa pemberian hak tanggungan, akta pembebanan fidusia, serta garansi bank.
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Hukum Jaminan dan Jaminan Kredit Perbankan Indonesia
M. Bahsan
Rp47.700 Rp53.000
Hukum Jaminan di Indonesia: Pokok-Pokok Hukum Jaminan dan Jaminan Perorangan
Sri Soedewi Masjchoen Sof..
Rp40.000
Hukum Perbankan Nasional Indonesia (Edisi 3)
Hermansyah
Rp81.000 Rp90.000
Surat Berharga: Suatu Tinjauan Yuridis dan Praktis
James Julianto Irawan
Rp75.600 Rp84.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)