Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Pemerintahan

Perencanaan Pembangunan Daerah: Suatu Pengantar

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.39
Tahun 2019
Halaman 336
ISBN 9786232310278
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp99.000 Rp110.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Perencanaan pembangunan merupakan tahapan awal dalam proses pembangunan. Perencanaan sangat diperlukan untuk menyesuaikan tujuan yang hendak dicapai dalam pembangunan dengan sumber daya yang ada serta berbagai alternatif lain yang mungkin diperlukan. Proses perencanaan pembangunan saat ini dilakukan dengan memadukan pendekatan teknokratis, partisipatif, politis, serta proses bottom-up dan top-down. Proses ini menunjukkan bahwa perencanaan daerah, selain diharapkan dapat memenuhi prinsip perencanaan yang sistematis, transparan, partisipatif, dan akuntabel, juga kepemilikan rencana (sense of ownership) menjadi aspek yang perlu diperhatikan. Terbitnya berbagai regulasi yang berkontribusi terhadap perencanaan pembangunan daerah, berimplikasi pada semakin banyaknya alternatif pilihan terhadap indikator yang dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan pembangunan daerah. Terlebih sejak disepakatinya Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2015, sebagai agenda pembangunan global yang harus diikuti oleh semua negara, dan diintegrasikan dalam setiap dokumen perencanaan.

Buku ini menguraikan bagaimana proses perencanaan pembangunan daerah seharusnya dilaksanakan, dikaitkan dengan upaya mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan  peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Diuraikan pula analisis keruangan dan metode partisipatif dalam perencanaan pembangunan daerah.

Proses perencanaan pembangunan daerah tidak akan berjalan tanpa adanya pemahaman yang komprehensif terhadap aspek keruangan yang berpijak pada kepentingan publik. Buku ini menjadi referensi bagi mahasiswa Program Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, dan juga Ekonomi Pembangunan.
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Komunikasi Organisasi
Arni Muhammad
Rp66.600 Rp74.000
Matematika Ekonomi (Edisi Baru)
Sofjan Assauri
Rp63.000 Rp70.000
Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi Dan Aplikasi (Edisi Revisi)
Rosady Ruslan
Rp91.800 Rp102.000
Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional
Morissan
Rp74.700 Rp83.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)