Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Masuk Akun
Pesanan
 Troli
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Hukum Umum

Peradilan Modern: Implementasi ICT di Mahkamah Konstitusi

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.47
Tahun 2020
Halaman 220
ISBN 9786232315198
Penerbit Rajawali Pers
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp76.500 Rp85.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-6 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Peradilan modern (modern court/justice) dalam negara demokrasi konstitutional (democratic constitutional state) merupakan perangkat hukum yang menjadi kebutuhan setiap warga negara (citizens necessary) dalam menjangkau dan mendapatkan keadilan (access to court and access to justice), bahkan bersifat conditio sine qua non bagi keberlangsungan diskursus hukum dan keadilan antara warga negara dan institusi peradilan.

Mahkamah Konstitusi, sejak awal pendiriannya telah didesain untuk menjadi lembaga peradilan yang modern dan terpercaya. Pemanfaatan teknologi informasi menjadi salah satu kekuatan pendorong utama (main driving force) dalam mewujudkan Mahkamah Konstitusi sebagai peradilan modern. Saat ini, teknologi informasi telah menjadi tulang punggung pada seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Mahkamah Konstitusi, tidak hanya pada sistem persidangan atau Justice Administration System (JAS) namun juga General Administration System (GAS).

Desain implementasi ICT di Mahkamah Konstitusi berlandaskan pada konsep I to Power of Five Judiciary (i5 judiciary), yang terdiri dari independensi, integritas, imparsialitas, integrasi, dan interkoneksi. Prinsip-prinsip tersebut merupakan indikator dalam mewujudkan peradilan modern dan terpercaya.

Buku ini hadir untuk memperluas pengetahuan para pembaca dibidang peradilan modern berbasis ICT. Pembahasan dalam buku ini tidak hanya terbatas pada peradilan modern dalam hal teknologi informasi, tetapi juga modern dari segi mindset dan cultureset sumberdaya manusia di Mahkamah Konstitusi. Dengan demikian, ICT tidak hanya dimaknai sebagai kepanjangan dari information, communication, dan technology, tetapi juga merupakan akronim dari integrity, clean, dan trust worthy.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Etika (Edisi Revisi)
K. Bertens
Rp70.000
Lingkungan Hidup dan Pencemaran: Hubungannya Dengan Toksikologi Senyawa Logam
Darmono
Rp46.800 Rp52.000
Etika Hukum Kesehatan: Teori dan Aplikasinya di Indonesia
Muhamad Sadi Is
Rp77.400 Rp86.000
Antropometri Terapan Untuk Perancangan Sitem Kerja
Wowo Sunaryo Kuswana
Rp40.500 Rp45.000
Lainnya+   
(Kembali Ke Atas)