belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
 
Pesanan
 Troli
Buku    Bahasa & Kamus    Bahasa

Penilaian Otentik: Dalam Pembelajaran Bahasa

Berat 0.33 kg
Tahun 2011
ISBN 9794207594
Penerbit Gadjah Mada University Press
   Buku Sejenis
 
Harga:Rp41.400
Harga Normal:Rp46.000
  Diskon 10%
Tersedia:Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Kurikulum Berbasis Kompetensi, yang kini bernama Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), menekankan capaian kompetensi untuk melakukan sesuatu sesuai dengan karakteristik tiap mata pelajaran. Hal itu antara lain ditandai dengan pelaksanaan pembelajaran yang mempergunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL, Contextual Teaching and Learning). Pendekatan pembelajaran kontekstual, pada giliran selanjutnya, menghendaki penilaian hasil pembelajaran dengan mempergunakan model penilaian otentik (Authentic Assessment). Penilaian otentik dalam pembelajaran memrasyaratkan dua hal yang mesti ada, yaitu kinerja dan bermakna. Dalam mata pelajaran Bahasa (Indonesia), hal itu berarti bahwa pengukuran hasil pembelajaran harus berupa kinerja berbahasa aktif produktif yang mencerminkan kebutuhan kehidupan nyata tersebut. Berbagai kinerja berbahasa yang diujikan di kelas haruslah mencerminkan kebutuhan kinerja berbahasa yang sesungguhnya atau yang dibutuhkan di dunia kerja.
Penilaian otentik tidak dimaksudkan untuk menggantikan penilaian tradisional, khususnya bentuk tes objektif pilihan ganda yang lebih bersifat merespons jawaban yang lazim dipergunakan dalam ujian-ujian akhir seperti ujian nasional (UN) dan ulangan umum (UU). Ia hadir untuk saling melengkapi dan menutup kekurangan penilaian objektif. Skor hasil pengukuran penilaian otentik mencerminkan kompetensi berbagai bentuk kinerja berbahasa peserta didik sepanjang kegiatan pembelajaran, sedang skor hasil pengukuran tes objektif pada akhir pembelajaran menunjukkan capaian kompetensi selama satuan waktu tertentu. Berbagai hal terkait dengan penilaian otentik dikemukakan dalam buku ini, termasuk pengolahan skor-skor hasil pengukuran, dan tidak menutup kemungkinan untuk dipakai dalam mata pelajaran bahasa-bahasa yang lain. Selain itu, model penilaian otentik yang dikembangkan dalam buku ini juga dapat dipergunakan untuk sekolah-sekolah jenjang yang lain, misalnya SMA dan SMK, dengan sedikit penyesuaian jika diperlukan.
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Nolly, 12 September, 2017Rating: 5 dari 5 Bintang!
Produk bagus sekali dan sesuai.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Asep Abdul Aziz (Azis), 26 January, 2017Rating: 4 dari 5 Bintang!
Bagus
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd., 23 February, 2013Rating: 4 dari 5 Bintang!
Buku Penilaian Otentik dalan Pembelajaran Bahasa karya Burhan Nurgiyantoro sangat membantu tugas saya sebagai dosen Evaluasi. Jarang sekali buku seperti ini diterbitkan di Indonesia. Para guru bahasa juga akan sangat terbantu dengan buku ini karena selama ini penilaian keterampilan berbahasa lebih banyak dinilai dengan tes objektif dan esai, pdhal seharusnya dengan tes otentik atau kinerja. Prof. Burhan menyadari benar situsi itu sehingga kehadiran buku ini sangat penting bagi guru dan dosen bahasa.
0 dari 1 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut
Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (Edisi 2)
Burhan Nurgiyantoro
Rp122.400 Rp136.000
Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi
Masnur Muslich
Rp66.600 Rp74.000
Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia
Junaiyah H. Matanggui
Rp50.000
Teori Apresiasi Sastra
Sugihastuti
Rp36.000 Rp40.000
KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah
Masnur Muslich
Rp72.900 Rp81.000
(Kembali Ke Atas)