Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pertanian & Lingkungan Hidup    Lingkungan Hidup

Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (Edisi 2)

Berat 0.47
Tahun 2008
Halaman 420
Ukuran 16x23
ISBN 9789792902396
Penerbit Andi
Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
10

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Kemiskinan & Perlindungan Sosial di Indonesia
Edi Suharto
Rp49.500 Rp55.000
Dasar-Dasar Perlindungan Hutan
Sumardi, S.M Widyastuti
Rp54.000 Rp60.000
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
Otto Soemarwoto
Rp67.500 Rp75.000
Tata Guna Tanah dalam Perencanaan Pedesaan, Perkotaan & Wilayah (Edisi 3)
Johara T. Jayadinata
Rp67.500 Rp75.000
Lainnya+   

Sinopsis

Air merupakan sumber kehidupan. Semua makhluk membutuhkan air. Untuk kepentingan manusia, makhluk hidup dan kepentingan lainnya, ketersediaan air dari segi kualitas maupun kuantitas mutlak diperlukan.

Dalam jumlah tertentu air juga bisa mengakibatkan bencana. Jumlah air yang terlalu besar di suatu lokasi mempunyai kekuatan dahsyat dan destruktif yang hebat yang disebut banjir, longsor, ataupun banjir bandang. Bencana ini mengakibatkan kerugian bagi makhluk hidup. Dalam jumlah yang terlalu kecil di suatu lokasi, air juga menimbulkan bencana yang sering disebut dengan bencana kekeringan (drought). Dengan kata lain air harus ada secukupnya baik ssecara kualitas maupun kuantitas pada suatu lokasi tertentu (space), dan pada saat yang tepat (time).

Air yang merupakan bagian dari sumber daya alam juga sebagai bagian dari ekosistem secara keseluruhan. Kuantitas air pada suatu lokasi dan waktu tertentu tergantung dan dipengaruhi oleh berbagai hal, berbagai kepentingan dan berbagai tujuan. Dengan kata lain, mengingat keberadaan air di suatu tempat dan di suatu waktu bisa berlebih atau berkurang sehingga menimbulkan berbagai persoalan maka air harus dikelola dengan bijak dengan pendekatan terpadu dan menyeluruh.

Terpadu mencerminkan keterikatan dengan berbagai aspek, berbagai pihak (stakeholders) dan berbagai disiplin umum. Menyeluruh mencerminkan cakupan yang luas (broad coverage), melintas batas antar sumber daya, antar lokasi, hulu dan hilir, antar kondisi, jenis tata guna lahan, antar banyak aspek dan antar multi disiplin, dan antar para-pihak. Pendekatan pengelolaan sumberdaya air juga harus holistik dan berwawasan lingkungan. Semua disiplin terlibat dan saling bergantung antara lain : sosial, ekonomi, teknik, lingkungan, hukum dan bahkan politik. Semua pihak harus terlibat dan diperhitungkan baik langsung maupun tidak langsung.

Buku ini mencobamenjelaskan semua hal yang berkaitan dengan air dalam bentuk "Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu". Dimulai dari siklus hidrologi baik air permukaan maupun air tanah, lalu dilanjutkan dengan permasalahan pengelolaan sumber daya air. Dalam buku ini juga diuraikan sistem infrastruktur keairan dan konsep pengelolaan sumber daya air terpadu.

Akhirnya uraian tentang pengelolaan sumber daya air menurut UU Tentang Sumber Daya Air dan Kebijakan Nasional tentang Sumber Daya Air juga dijelaskan.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

Bab I Pendahuluan
Bab II Permasalahan Pengelolaan Sumber Daya Air
Bab III Sistem dan Infrastruktur Keairan
Bab IV Manajemen Sumber Daya Air Terpadu
Bab V Pengelolaan Sumber Daya Air Menurut UU Sumber Daya Air
Bab VI Otonomi Daerah dan Sumber Daya Air
Bab VII Kebijakan Sumber Daya Air Nasional
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Alharia DinataAlharia Dinata, 25 August, 2019
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Good
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)