Belbuk.comtoko buku onlinebuku asli021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanJual Buku AndaTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Sosial

Pengantar Sosiologi

Belum ada ulasan. Berikan ulasan Anda
Berat 0.45
Tahun 2015
Halaman 268
ISBN 9789790765146
Penerbit Pustaka Setia
   Buku Sejenis
 
Harga: Rp40.500 Rp45.000
(Diskon 10%)
Tersedia:
Dikirim 2-4 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Sosiologi merupakan ilmu yang lahir dari hasil observasi dan pemikiran ilmiah manusia atas kehidupan bersama. Pemikiran ilmiah ini berusaha menembus hingga ke latar belakang dari fenomena-fenomena yang tampak, mencari sebab-akibat dan menempatkannya dalam suatu hubungan yang lebih besar, yang pada umumnya tidak langsung dapat diamati.
Objek sosiologi adalah manusia. Berbeda dengan pengetahuan alam yang objeknya benda, manusia dengan perilakunya sulit untuk dipahami dan dimengerti karena mempunyai perilaku yang sekaligus bercirikan individual dan sosial. Pada satu pihak, ia memahami dirinya sebagai pusat aksi atau kegiatan, dan pada pihak lain, ia berpikir dan bertindak dengan berpangkal pada suatu pola budaya serta struktur tertentu yang memberi arah, makna, dan bentuk pada kegiatannya dan membentuk suatu keseragaman dan keteraturan.
Jadi, manusia merupakan persilangan antara individualitas dan sosialitas. Dalam konsep baru sosiologi, individu dan masyarakat tidak mungkin dipisahkan. Kebebasan sebagai individu tidak mungkin dipikirkan tanpa ikatan dan keberkaitan dengan orang lain. Independensi sebagai individu tidak mungkin ada tanpa dependensi dari masyarakat. Dengan demikian, tanpa individu tidak ada masyarakat, dan tanpa masyarakat tidak ada individu.
Ruang lingkup kajian sosiologi lebih luas daripada ilmu sosial lainnya. Hal ini dikarenakan ruang lingkup sosiologi mencakup semua interaksi sosial yang berlangsung antara individu dan individu, individu dan kelompok, serta kelompok dan kelompok di lingkungan masyarakat serta mencakup kajian ilmu ekonomi, ilmu politik, dan persoalan sejarah.
Sosiologi juga mempelajari gejala sosial di masyarakat, yang berfungsi memberikan arah terhadap proses solusi permasalahan sosial. Atas dasar itulah, penyajian buku ini diawali dari ilmu pengetahuan dan teori dasar sosiologi, sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, individu keluarga dan masyarakat, kebudayaan masyarakat, struktur sosial, lembaga sosial, stratifikasi sosial, kelompok sosial dan kehidupan masyarakat, perubahan sosial, modernisasi, dan diakhiri dengan masalah sosial dan peran sosiologi.
(Kembali Ke Atas)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut

Metode Penelitian Administrasi Publik
Harbani Pasolong
Rp43.200 Rp48.000
Teori Pengembangan Organisasi
Sondang P. Siagian
Rp88.200 Rp98.000
Sistem Informasi Manajemen
Sondang P. Siagian
Rp48.600 Rp54.000
Pendidikan Agama Islam
Zainuddin Ali
Rp41.400 Rp46.000
Kepemimpinan Dalam Organisasi (Edisi 7)
Gary Yukl
Rp139.500 Rp155.000
(Kembali Ke Atas)